search-button

Sep 10, 2019

Kenapa Smartfren 4G Lemot dan Cara Mengatasinya

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – UPDATE! Kenapa Smartfren 4G Lemot dan Cara Mengatasinya. Dikala serba modern saat ini penggunaan internet juga semakin meluas, bahkan di Indonesia sendiri sudah diperkaya dengan jaringan 4G. Salah satu provider yang menyediakan jaringan 4G dengan tagline anti lelet ini adalah Smartfren. Tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga mengenai provider Smartfren ini bukan?

Karena memang Smartfren banyak dijadikan pilihan para konsumen untuk melayani fasilitas internet mereka dengan harapan laju internetnya akan memuaskan. Tetapi sepertinya tidak semua konsumen merasakan kepuasan yang sama, mengingat banyak juga yang mengeluhkan pelayanan Smartfren tidak maksimal karena internet yang lemot. Lalu sebenarnya kenapa Smartfren 4G lemot? Dan adakah cara untuk mengatasinya?

Kenapa Smartfren 4G Lemot

Kenapa Smartfren 4G Lemot

Pada artikel ini akan dibahas mengenai alasan dibalik pertanyaan kenapa Smartfren 4G lemot? Padahal seperti yang kita tahu bahwa internet 4G terlebih provider Smartfren dengan taglinenya yang anti lelet harusnya menyediakan pengalaman memuaskan ketika berselancar di dunia internet bukan? Tetapi kenapa malah internet dari Smartfren 4G ini bisa lemot? Berikut adalah beberapa alasan yang dapat memicu kelemotan pada jaringan 4G Smartfren:

Wilayah Tidak Didukung Internet Dengan Jaringan 4G

Terkadang ketika membeli kuota internet kita tidak begitu sadar dan memperhatikan dengan seksama syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti yang kita tahu walaupun jaringan 4G saat ini sudah sangat umum tetapi perlu diingat bahwa tidak atau belum semua wilayah menawarkan jaringan 4G untuk suatu provider.

Seperti halnya Smartfren, bisa jadi wilayah anda belum masuk dalam daftar wilayah ekspansi jaringan internet 4G dari Smartfren jadi meskipun menggunakan internet 4G tapi internetnya akan tetap lemot.

Banyaknya Pengguna Smartfren 4G

Penyebab kedua kenapa Smartfren 4G lemot yaitu bisa saja apabila di ibaratkan penggunaan akses internet sama saja dengan jalan tol, ketika banyak orang yang berusaha melewati jalan tol tersebut tentu saja laju mobil akan melambat dikarenakan antrean kendaraan.

Hal tersebut juga berlaku untuk penggunaan internet, semakin banyak pengguna internet 4G Smartfren maka semakin sesak pula jalannya sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai tujuan. Jadi intinya semakin banyak pengguna semakin lemotlah jaringan internet tersebut, kecuali bila ada perbaikan dari pihak provider untuk meningkatkan pelayanan jaringannya.

Nah jadi itulah kira-kira alasan dibalik lemotnya jaringan Smartfren 4G, untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa hal. Yang pertama menggunakan software DNS Benchmark, kedua lakukan akses internet di waktu-waktu lengang agar jaringannya tidak begitu crowded (seperti tengah malam), kemudian lakukan pembersihan cache yang mungkin dapat memicu kelemotan.

Atau coba rasakan menggunakan internet tersebut di luar wilayah biasanya, bila internet dapat melaju kencang berarti kendalanya adalah pada wilayah. Semoga sedikit informasi terkait kenapa Smartfren 4G lemot di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk pembaca semuanya.
Baca Juga: