search-button

Apr 15, 2018

5 Ciri-ciri Power Bank Rusak yang Mudah Diketahui

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCiri-Ciri Power Bank Rusak yang Mudah Diketahui. Benda kecil ini nyatanya mampu memangkas rasa was-was ketika daya HP semakin menipis. Dengan beragam kapasitas daya, power bank pun menyita perhatian penggunaan gadget. Bahkan bisa dinyatakan jika setiap yang mempunyai gadget, maka dia mengantongi power bank.

Sayangnya, penggunaan yang tidak hati-hati, kerap membuat power bank semakin cepat rusak atau sekedar error pada fungsi tertentu. Tanpa kita sadari, power bank yang hanya mati indikatornya telah di judge rusak dan tak mampu mengisi daya sama sekali. Nah, ini adalah beberapa ciri-ciri power bank rusak. Tanda-tanda yang kerap muncul setiapnya sebagaimana berikut.

Ciri-Ciri Power Bank Rusak

Ciri-Ciri Power Bank Rusak

1. Power Bank Tidak Dapat Mengisi Daya Smartphone

Untuk yang satu ini, patutnya kita mengecek dengan mencoba me-recharge-nya dengan kabel lain. Kemungkinan besar, kabel mengalami konstleting dalam sehingga aliran listrik terputus. Ketidakmampuan menghantarkan arus listrik ini lambat laun bisa merusak power bank karena menerima aliran daya yang tidak stabil.

2. Baterai yang Tersimpan Didalam Power bank Cepat Panas

Ciri-ciri power bank semacam ini kerap terjadi saat power bank baik dicharge maupun mencharge akan mengeluarkan panas yang lumayan. Hal ini akan mengakibatkan pengeringan daya yang semakin kuat.

Pada keadaan normal, power bank akan kehilangan 10 persen tenaganya hanya untuk mengisi baterei HP. Jika keadaan suhu ini meningkat, maka pembuangan daya tersebut akan semakin massif. Jika sudah begini, power bank dapat dipastikan telah rusak.

3. Lampu Pengisian atau Indikator Daya Tidak Bercahaya

Ciri-ciri power bank rusak bisa jadi tampak pada lampu. Lampu indikator sebagai penanda besaran daya terisi dan berkurang. Namun, lampu ini tidak akan bekerja apabila power bank mengalami kerusakan secara menyeluruh.

4. Tercium Aroma Gosong Pada Power Bank

Tanda power bank rusak terkadang menimbulkan bau yang mirip dengan kabel terpanggang. Aroma tersebut muncul dikarenakan adanya hubungan arus pendek yang terus menerus. Keadaan tersebut membuat kabel atau penghantarnya tidak bisa menahan panas arus listrik.

5. Batrei Ngedrop

Keadaan ini biasanya ditandai dengan waktu yang lebih cepat saat mengisi daya power bank secara penuh. Bahkan tidak jarang dalam hitungan menit, lampu indikator menunjukkan bahwa energi telah terisi secara maksimal.

Namun, sebaliknya saat power bank mencoba mengisi batrei HP. Lampu indikator pun menginformasikan bahwa tenaga telah tersedot hingga batas hampir akhir. Keadaan ini tentunya membuat jengkel dan keadaan tersebut menunjukkan bahwa baterai power bank telah rusak.

Bila ciri-ciri power bank rusak di atas sesuai dengan merk power bank Anda, maka dapat dipastikan bahwa power bank tidak berfungsi seperti sedia kala. Untuk menanggulanginya, ada baiknya pergi ke tukang service atau mencoba mengganti beberapa bagian dari power bank. Caranya dengan membeli komponen terpisah atau yang dibutuhkan saja.
Baca Juga: