search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Hemat Kuota Saat Streaming Youtube 100% Ampuh

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD – Update! Cara hemat kuota saat streaming youtube yang paling ampuh dan gak ribet. Youtube lebih dari TV? Apakah itu memang benar? Saat ini penggunaan youtube semakin meningkat. Bisa dilihat semakin banyaknya youtuber yang bermunculan. Upload sebuah video sekarang mudah. Karena di semua tempat pasti ada jaringan internet. Entah menonton kartun. Video musik atau yang lainnya. Menghabiskan waktu dengan menonton youtube menjadi hal yang menyenangkan.

Tapi kalau kuota minim, pasti bikin sengsara. Karena menonton video di youtube butuh kuota yang tidak sedikit. Tapi anda tak perlu khawatir, ada banyak sekali cara menghemat kuota youtube yang paling efektif dan mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Hemat Kuota Youtube

Cara Menghemat Kuota Youtube di Android

1. Youtube GO

Belum lama ini ada aplikasi streaming hemat kuota baru yang bisa menghemat kuota internet dengan cukup ampuh yang bernama youtube go. Aplikasi buatan google ini membuat anda bisa akses video secara offline. Anda bisa download aplikasi ini secara gratis di playstore.

Kalau sudah di instal, dihalaman utamanya ada sederet video yang bisa anda tonton. Cara menggunakan youtube go pun mudah banget loh. Bahkan beberapa waktu lalu ada banyak video promosi mengenai “pawang kuota” di aplikasi youtube go ini.

Setiap kali anda klik video tersebut, muncul pilihan play atau download. Ketika anda melihat videonya pun, hanya muncul preview saja. Melihat preview ini tidak akan menguras kuota anda sama sekali. Untuk menghemat kuota, anda bisa mendownloadnya dan tonton secara offline.

2. Aplikasi Opera Max

Cara menghemat kuota youtube bisa memakai aplikasi penghemat data bernama opera max. Dengan memakai aplikasi ini, anda bisa menghemat kuota sampai 50%. Bahkan ketika mengunduh aplikasi, nonton netflix atau membuka website lainnya.

Lebih hemat dibandingkan memakai browser lainnya. Kalau selama ini, anda membuka youtube lewat aplikasi youtube. Cobalah untuk membuka video lewat aplikasi opera max ini. Terbukti ampuh dan terjamin hemat kuota. Anda bisa langsung unduh aplikasi ini di playstore.

3. Turunkan Kualitas Video Youtube

Anda bisa menurunkan kualitas video youtube yang anda tonton. Mungkin gambarnya tidak begitu jelas, tapi sudah cukup digunakan untuk menonton video. Kalau anda memakai resolusi tinggi, tentunya kuota yang dihabiskan semakin banyak.

Kalau anda biasa menonton video di resolusi 720 atau 480. Salah satu cara menghemat kuota saat streaming adalah dengan menggantinya ke 360 atau 240. Di smartphone android, resolusi itu sudah cukup jelas. Tapi kalau anda memakai wifi, mungkin bisa menonton di resolusi yang tinggi.

4. Simpan Video Yang Akan Ditonton

 Salah satu cara hemat kuota nonton youtube kuncinya adalah ketika anda tersambung dengan wifi. Simpanlah video-video yang ingin anda tonton. Di aplikasi youtube, ada menu yang namanya simpan video. Sehingga anda bisa menonton video secara online. Download videonya, ketika anda mendapatkan jaringan wifi. Sehingga tidak akan menghabiskan kuota anda.

5. Siman ke Fitur Watch Later atau Tonton Nanti

 Apakah ini termasuk ke salah satu trik untuk menghemat data saat nonton video di youtube? Hmm.. bagi saya sendiri iya. Tak jarang saya menemukan banyak video baru dari topik yang saya sukai yang durasinya bisa mencapai 30 - 40 menit. Dengan menggunakan fitur watch later maka saya tidak perlu mencari lagi judul video tersebut. Artinya saya bisa melihatnya nanti jika sudah tersedia koneksi atau jaringan wifi agar kuota data internet yang dibeli jadi lebih hemat. Bener gak?
Harus Baca:
Ada cara menghemat kuota youtube yang bisa anda gunakan. Misalnya menonaktifkan iklan. Mengaktifkan pembatasan kuota dan masih banyak lainnya. Dengan memakai cara diatas, anda bisa menghemat kuota lebih banyak.