search-button

Jan 23, 2018

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android yang Bagus

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android yang Bagus. Pada dasarnya, menambahkan thumbnail sebuah video dari ponsel ataupun android belum bisa dilakukan. Hal ini karena untuk membuat thumbnail sebuah video, anda harus terlebih dahulu mengupload foto yang terpisah dari video. Walaupun google sudah meluncurkan aplikasi creator video, namun fitur menambahkan thumbanl belum disediakan. Untuk itu, supaya bisa menciptakan thumbnail, anda bisa mengerjakannya melalui PCatau laptop.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak yang mencoba Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android dan sebagian besar berhasil. Cara ini tentunya sangat bermanfaat bagi para youtuber dengan low budget. Bahkan, membuat thumbnail di android sangatlah mudah dan singkat dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup hanya sekali upload saja.
Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android

Saat kita mengupload sebuah video ke situs youtube, secara otomatis akan disediakan tiga pilihan thumbnail dengan tampilan yang sederhana. Umumnya, ketiga pilihan tersebut berdasarkan bagian awal, tengah serta akhir video yang anda upload. Disinilah Cara singkat Membuat Thumbnail Youtube di Android bisa dilakukan dengan menyelipkan sebuah foto yang akan dijadikan thumbnail.
  • Edit foto yang akan dijadikan thumbnail video terlebih dahulu sebelum diupload. Misalnya, anda dapat menambahkan tulisan atau teks ke foto seperti thumbnail yang bisa anda temukan pada saluran youtuber senior. Penambahan teks atau tulisan bisa dilakukan melalui aplikasi photo, grid photo, atau yang lainnya.
  • Langkah kedua adalah poin penting yang harus dilakukan. Setelah selesai mengedit foto, buatlah foto-foto tersebut menjadi sebuah video atau slide show dengan durasi minimal 10 detik. Cukup singkat karena nanti akan dijadikan satu dengan video yang akan diupload.
  • Setelah membuat slide show yang berisi foto dengan durasi minimal 10 menit, langkah selanjutnya yaitu menggabungkan atau menyatukan foto tersebut dengan video utama yang akan diupload. Posisi dari video slide show atau thumbnail yang telah anda buat sebelumnya berada di 10 detik akhir video.
  • Hindari memposisikan video slide di 10 detik awal video. Jika anda menaruhkan di bagian awal, hal ini bisa saja cukup mengganggu. Sehingga solusi yang paling tepat adalah di bagian belakang, karena biasanya jarang orang yang menonton video hingga akhir.
  • Upload video yang telah digabungkan dari video utama dan video slide show. Tunggulah beberapa menit hingga proses upload berakhir.
  • Selagi proses upload sedang berjalan, masuklah ke akun youtube yang ada miliki dari aplikasi opera mini. Urutan langkahnya yaitu kunjungi situs youtube, pilih my account atau akun saya, pilih my video atau video saya, ganti format tampilan seluler menjadi desktop.
  • Klik video yang sudah anda upload kemudian pilih edit video.
  • Anda akan melihat foto dalam bentuk slide show yang telah anda buat sebelumnya menjadi pilihan thumbnail dari tiga pilihan yang disediakan. Klik, simpan, dan selesai.
Itulah beberapa langkah-langkah dari Cara dan trik mudah Membuat Thumbnail Youtube di Android yang harus dilakukan secara berurutan. Pahami tiap langkah terlebih dahulu. Persiapkan video dengan durasi singkat yang akan diupload sebagai percobaan.

Jika anda masih bingung, sebaiknya pilihlah tutorial yang disertai dengan video supaya lebih mudah dipraktekkan. Bagi para youtuber pemula, anda baiknya anda mengunjungi channel para youtuber senior untuk mendapatkan inspirasi bagaimana agar tampilan thumbnail terlihat menarik. Cukup mudah bukan Cara Membuat Thumbnail Youtube di Android? Selamat mencoba.
Baca juga: