search-button

Sep 10, 2019

5 Alat-Alat Youtuber yang HARUS Dipersiapkan

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – 5 Alat-Alat Youtubers yang HARUS Dipersiapkan. Sekarang ini menjadi Youtubers memang sedang menjadi tren di Indonesia, selain untuk mencapai polpularitas menjadi seorang Youtubers juga sekaligus untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Topik yang diangkat untuk dijadikan video pun sangat beragam mulai dari tutorial, kehidupan sehari-hari hingga video random yang mengocok perut.

Banyak pula dari kalangan artis yang tidak mau ketinggalan untuk menjadi seorang Youtuber seperti contohnya Raditya Dika, Ria Ricis, Melody Prima hingga Ayudia Bing Slamet dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentunya menjadi seorang Youtuber membutuhkan alat-alat pendukung yang dapat membuat video menjadi semakin berkualitas. Bila kamu penasaran, simak beberapa alat-alat Youtuber yang akan diulas di bawah.

Alat-Alat Youtuber

Alat-Alat Youtuber yang Dibutuhkan

Menjadi Youtubers memang mudah-mudah gampang, dikatakan mudah karena yang kamu lakukan hanya merekam video dan mengunggahnya ke Youtube namun bila kita menilik lebih dalam pembuatan video itu lumayan sulit dan membutuhkan alat-alat pendukung.

Alat-alat pendukung ini bisa dibilang sangat krusial bagi kamu yang menginginkan hasil video yang maksimal dan terlihat profesional. Untuk itu di bawah ini kami sajikan alat apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Youtubers untuk merekam video mereka.

1. Kamera

Alat yang satu ini bisa dikatakan paling krusial diantara yang lainnya, jelas saja karena tanpa menggunakan kamera kamu tidak akan bisa membuat sebuah video. Jenis kamera yang dibutuhkan untuk setiap Youtubers juga berbeda-beda tergantung mereka akan membuat video dengan konten apa di dalamnya.

Bila ingin membuat video kuliner kamu cukup dapat memanfaatkan kamera hp kamu namun bila kamu ingin membuat video travel kamu tentunya membutuhkan kamera dengan kualitas yang lebih baik. Namun untuk menghasilkan video yang jernih dan menarik tentunya kamu harus menggunakan kamera dengan resolusi yang tinggi.
Baca : 10 Kamera Vlog Terbaik Untuk Youtuber Hasil Video Maksimal

2. Microphone

Alat-alat Youtuber yang selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah microphone. Microphone ini memiliki fungsi untuk memperjelas suara kamu ketika membuat video, ada beberapa jenis microphone yang dapat kamu pilih diantaranya Condenser Microphone, bila dalam dunia YouTube microphone jenis ini banyak digunakan oleh Youtuber Gamer.

Yang selanjutnya adalah jenis microphone Lavalier Microphone, microphone ini sering juga disebut sebagai clip on mic yang mana sangat cocok digunakan oleh Youtuber yang membutuhkan kepraktisan seperti travel vlogger. Microphone jenis ketiga yaitu Shotgun Microphone, umumnya microphone ini digunakan oleh Youtuber yang menggunakan kamera DSLR.
Baca : 10 Microphone Terbaik Untuk Video Youtube

3. Camera Lighting

Kemudian untuk menghasilkan video dengan hasil yang maksimal tentunya kamu membutuhkan camera lighting apalagi bila kamu melakukan shoot di dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Jelas sekali bila kamu memerlukan camera lighting ini untuk menunjang hasil videomu. Kamu bisa menggunakan lampu jenis LED untuk hasil video yang lebih kece.

4. Tripod

Alat Youtubers yang berikutnya adalah tripod, biasanya ketika kita memegang kamera hanya dengan tangan atau handheld maka hasil videonya tidak akan maksimal terutama ketika terjadi guncangan. Hasil video yang dihasilkan akan sangat tidak menarik, untuk itu kamu memerlukan alat bernama tripod atau saudara-saudaranya yaitu monopod ataupun gorillapod. Dengan begitu video kamu tidak akan goyang-goyang lagi meskipun kamu mengambil video sambil bergerak.

5. PC/Gadget/Notebook

Alat krusial terakhir yang dibutuhkan oleh Youtubers adalah Laptop, PC atau sebangsanya. Alat ini digunakan untuk mengedit video yang telah direkam, dengan menambahkan efek suara ataupun menambah dan memotong bagian yang dirasa kurang pas. Bisa juga digunakan untuk mengedit thumbnail agar terlihat lebih menarik dan eyecatching.
Baca : 4 Tips Membuat Konsep Vlog Untuk Pemula Agar Sukses

Itulah tadi daftar dari alat-alat Youtubers yang paling krusial diantara lainnya, bila kamu ingin menjadi seorang Youtubers maka lima daftar alat di atas sebisa mungkin kamu miliki agar mendapatkan hasil video yang maksimal dan terlihat profesional.