search-button

Oct 16, 2017

4 Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay Video di Facebook

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay Video di Facebook. Facebook adalah social media yang betiu populer. Setiap tahun, pertumbuhan pengguna baru akun ini terus bertambah. Keuntungan yang didapat oleh Facebook juga meningkat hingga sekian persen setiap tahun. Tentunya, hal ini tidak lepas dari mudahnya pengoperasian akun serta fitur - fitur menarik.

Salah satunya adalah fitur autoplay video yang memudahkan pengguna untuk menonton video dalam satu kali jalan tanpa harus menunggu. Akan tetapi bagaimana jika kamu tidak ingin menggunakan fitur ini. Bagaimana cara menonaktifkan fitur autoplay video di Facebook? Yuk, simak tips mudah menonaktifkan fitur ini di bawah.
Cara Menonaktifkan Autoplay Video Facebook

Cara Menonaktifkan Autoplay Video Facebook

1. Buka Akun Facebook

Langkah pertama, kamu perlu membuka akun media sosial Facebook yang kamu miliki. Pada bagian kanan atas akun tersebut terlihat menu 'pengaturan'. Di bagian ini, kamu bisa mengatur, melakukan perubahan, dan mengedit informasi sekaligus fitur-fitur yang sebelumnya aktif secara otomatis. Pada bagian Setting tersebut, akan ada beragam jenis menu. Lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Buka Pengaturan Facebook

Sampai ke bagian tersebut, akan muncul halaman General Account Setting dimana kamu bisa mendapatkan beragam akses ke fitur yang Facebook miliki. Pada bagian ini pula, kamu akan menemukan beberapa pilihan seperti Security atau 'keamanan', Privacy, Language Notification, Apps, Ads, Payment.

Menu untuk fitur Videos berada di bagian bawah paling akhir. Jika tidak berhati - hati, mungkin tidak menu tersebut tidak akan langsung terlihat. Artinya, lihat bagan menu pengaturan dengan lebih baik lagi.

3. Mengatur Menu Videos

Cara mematikan video di Facebook Android dilakukan dengan cara membuka fitur Videos tadi. Di bagian tersebut, kamu akan menemukan Video Settings. Ada dua pilihan pengaturan yang terpapar pada poin - poin tersebut. Pertama, Video Quality, berkaitan dengan tingkat kualitas kejernihan gambar pada video yang diputar di Facebook.

Kedua, Auto Play Video, berkaitan dengan pengaturan video. Bagian inilah yang digunakan untuk tahu cara menonaktifkan fitur autoplay video di Facebook.

4. Pilih Setting

Cara mematikan autoplay video di Facebook Android dilakukan dengan cara memilih jenis setting yang pertama, bagian auto-play videos. Deskripsi dari bagian ini adalah fitur yang akan aktif secara default ketika menggunakan website Facebook. Hal ini berlaku untuk penggunaan secara mobile maupun tidak. Lalu, di bagian sisi kiri samping kamu bisa menemukan tabel yang ingin diatur. Biasanya disitu tertulis 'default'. Nah, kamu tinggal mengganti isi tabel tersebut dengan pilihan lain.
Baca juga:
Pilihlah menu bertuliskan 'off' di tabel. Setelah melalui tahap ini, pihak fb akan menyimpan pengaturan terbaru pada akun sehingga selanjutnya video tidak akan dimainkan secara otomatis lagi. Langkah ini sebenarnya sama untuk pengaturan lewat mobile atau handphone.

Bagian pengaturan di aplikasi smartphone mungkin tidak akan tertulis tetapi berbentuk garis strip horizontal tiga kali.  Lalu setelah menekan tombol tersebut, akan muncul tabel menu. Pilih bagian paling bawah yakni Help and Settings lalu bagian atas akan muncul App Settings.

Lalu tekanlah Settings dan cari Videos play automatically. Tekan 'off' pada bagian tersebut. Setelah itu, selesailah semua tahap yang perlu kamu lakukan untuk cara menonaktifkan fitur autoplay video di Facebook. Semoga berhasil!