search-button

Oct 13, 2017

Cara Membuat Aplikasi Webview di Android Studio

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara Membuat Aplikasi Webview di Android Studio. Pemrograman androin kini memang tengah ramai dilakoni, bagi yang masih awam akan hal tersebut tentunya bertanya-tanya apa itu android studio serta webview. Android studio merupakan sebuah IDE yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi android dan dikembangkan oleh Google. Jadi dengan android studio tersebut, kita dapat mengembangkan banyak aplikasi lainnya termasuk WebView.

WebView sendiri adalah sebuah class pada android yang menampilkan dan menjalankan aplikasi mobile berbasis web. Sederhananya nih, WebView ini seperti android browser pada umumnya, hanya saja tidak mempunyai address bar untuk memasukkan URL, sebab URL sudah didefinisikan dalam aplikasi android tersebut. langsung cek saja yuk cara membuat aplikasi WebView di android studio berikut ini.
Cara Membuat Aplikasi Webview

Membuat Aplikasi Webview di Android Studio

Sebelum WebView dibuat, terlebih dahulu kita harus memiliki Android Studio Project. Bila sudah membuatnya barulah kita dapat memulai langkah membuat aplikasi WebView di android studio.

1. Membuat Project

Langkah awal yang harus dilakukan adalah klik star a new android studio project, guna membuat project android baru. konfigurasikan penamaan aplikasi serta package. Step awal telah terlewati, perhatikan pada bagian penentuan build target.

Pilih SDK minimum yang kalian inginkan. Perhatikan pula ketika pemilihan Add anactivity to mobile, cari dan pilih blank activity. Dalam menu choose optional for your new file, klik menu finish. Cara membuat aplikasi WebView di android studio selanjutnya adalah memilih mode design.

Bila sudah dipilih maka akan muncul WebView pada Palette. Klik and drag weview dari Palette dan geser kearah kanan bawah layar device. Lalu tarik webview hingga memenuhi layar device.

2. Membuat Internet Permission

Agar aplikasi android kita dapat mengakses internet, maka lakukan step membuat aplikasi webview dengan melakukan permission internet terlebih dahulu.

Pertama carilah AndroidManifest.xml. disini pasangkan kode “< user - permission android : name=” jika sudah bukalah MainActivity.java lalu letakkan kode tepat dibawah setContentView (R.layout.activity_main); jangan lupa pula mengimport class weview agar webview terdefinisikan.

Aplikasi WebView telah siap dan saatnya menjalankannya dengan klik RUN 'app'.

3. Install Bluestack Emulator

Cara membuat aplikasi WebView selanjutnya dengan mencoba menggunakan bluestack emulator untuk menjalankan webview tersebut. Tujuannya untuk melakukan debungging sebelum aplikasi tersebut benar-benar akan dirilis ke google play store.Atau bisa menggunakan Genymotion Android Emulator.

Ternyata sangat mudah bukan dalam membuatnya? Sebelum mengakhirnya terdapat sedikit tambahan info. Bila kalian ingin membuat aplikasi webview fullscreen didalam activity_main.xml hapuslah kode-kode yang ada disana.

Selesai sudah kupasan kita kali ini mengenai cara membuat aplikasi WebView di android studio. Dengan cara yang sama pun kamu bahkan bisa membuat aplikasi berita dengan android studio. Caranya juga sangat mudah dan tidak ribet, sudah siap membuatnya? Tapi jika gak mau ribet karena gak ada waktu untuk membuatnya, mendingan beli source code di envanto.
Baca juga: