search-button

Sep 12, 2017

KEREN! Google Voice Search Bahasa Sunda dan Jawa Resmi Diluncurkan

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Makin kesini mesin pencari Google semakin pintar dalam memberikan jawaban dari pertanyaan yang kita butuhkan. Mulai dari memasukkan keyword, gambar atau foto hingga pencarian suara. Dan hari ini tanggal 12 Spertember 2017, Google meluncurkan fitur terbaru yang pastinya akan disukai oleh para penggunanya yaitu Google Voice Search dalam bahasa Sunda dan Jawa.

Apa itu Google Voice Search? Nah bagi yang benar-benar belum tahu, Google Voice Search adalah sebuah produk dari google yang memungkinkan para pengguna untuk mencari informasi apapun di Google search hanya dengan menggunakan suara alias tanpa harus cape mengetik kata kunci.
Google Voice Bahasa Sunda dan Jawa
Memang benar, fitur ini sudah cukup lama ada yaitu bisa dengan menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris. Namun hal yang membuatnya lebih canggih dan spesial ialah kita bisa menggunakan bahasa daerah yaitu Sunda dan Jawa saat melakukan pencarian. Makin pintar dan canggih kan?

Cara Menggunakan Google Voice Search Bahasa Sunda dan Jawa

Pertama kita harus membedakan terlebih dahulu bahwa Google Voice Search itu berbeda dengan Google Assistant. Google voice search bisa digunakan pada perangkat smartphone atau PC yakni melalui browser Google Chrome dengan menyentuh “icon microphone” kemudian baru kita ucapkan kata yang ingin dicari. Dan disini saya akan mencontohkannya pada perangkat Android.
  • Buka aplikasi Google Apps dari drawer Android atau iPhone
  • Setelah masuk ke halaman depan, lihat pada pilihan kolom pencarian lalu tap “icon microphone”
  • Jika sudah muncul pop-up “Coba ucapkan sesuatu”, ucapkan kata atau kalimat pencarian dalam bahasa sunda atau jawa.
  • Misalnya dalam bahasa Sunda “Kumaha Carana Jadi Ganteng?”
  • Maka akan muncul hasil pencarian dari suara tersebut.
  • Begitu pun ketika saya mencoba bahasa Jawa “Tresno karo kowe” muncul juga beberapa pilihan dari hasil pencarian.
  • Selanjutnya tinggal buka saja website yang kamu butuhkan.
Pencarian suara dalam Bahasa Sunda dan Jawa akan semakin membantu para pengguna untuk lebih mudah lagi dalam menemukan informasi dari Google Search. Dan semoga saja fitur google voice search bahasa sunda dan jawa ini juga akan tersedia untuk bahasa daerah lainnya ya. Selamat mencoba.
Baca juga: