search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Mengaktifkan/Menggunakan NFC ASUS Zenfone

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC HP ASUS Zenfone. NFC atau Near-Field Communication, adalah standar baru dalam transmisi nirkabel. NFC menggunakan teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID) melalui induksi elektromagnetik untuk mentransfer informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. RFID adalah teknologi yang membuat NFC bekerja dengan mendorong arus listrik dari komponen NFC aktif ke perangkat pasif dalam jarak 10 cm.

Yang artinya NFC tidak memerlukan catu daya eksternal untuk beroperasi. Apakah NFC bisa digunakan untuk mengisi daya ? Tidak. Teknologi NFC tidak memerintahkan induktansi yang cukup untuk digunakan untuk mengisi daya. NFC dapat digunakan untuk mentransfer file secara nirkabel seperti foto, musik, dan video, Android Beam, bersamaan dengan pemasangan WiFi-Direct otomatis.
Cara Mengaktifkan & Menggunakan NFC ASUS Zenfone

Cara Mengaktifkan NFC di HP ASUS Zenfone

NFC juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran melalui sistem pembayaran tanpa kontak NFC seperti Android Pay , Happyplus, beep, dll. Bahkan NFC dapat digunakan untuk mengatur berbagai fungsi dan tugas otomatis untuk ASUS kamu melalui tag NFC kosong. Setelah tau manfaatnya, ingin tau kan cara mengaktifkan NFC di ASUS kamu seperti apa ? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pastikan lagi bahwa perangkat ASUS kamu telah mengusung teknologi NFC. Caranya dengan melihat spesifikasi pada kotaknya
  • Buka menu lalu ke pengaturan/Settings/Setelan
  • Dari setelan pilihlah pilihan “Lainnya”
  • Kemudian cari pilihan NFC, lalu terakhir geser tombol NFC ke mode aktif.
Untuk berbagi konten menggunakan NFC, kamu harus memastikan perangkat ASUS pengirim dan penerima tidak terkunci, NFC dan Android Beam juga harus dalam mode aktif. Cara mengaktifkan Android Beam adalah sebagai berikut
  • Buka setelan ASUS kamu
  • Pilihlah pilihan “Lainnya”
    Kemudian pilih Android Beam, lalu geser tombol ke kanan.
Baca juga:

Cara Menggunakan NFC ASUS Zenfone

  • Buka layar yang berisi sesuatu yang ingin kamu bagikan, seperti halaman web, video YouTube, gambar di halaman Foto atau tempat di Maps.
  • Kemudian posisikan perangkat ASUS pengirim dan penerima ke posisi saling membelakangi.
  • Saat perangkat terhubung, ASUS kamu akan menghasilkan suara atau getaran dan gambar di layar kamu akan menjadi lebih kecil.
  • Saat kamu melihat pesan “Sentuh” di layar, maka sentuhlah layar kamu untuk mulai berbagi konten.
  • Kamu akan melihat pemberitahuan yang mengatakan "Beaming ..." pada panel notifikasi. Saat tranfer selesai, kamu akan melihat notifikasi "Beam complete".
Cukup sederhana sebenarnya. Kamu hanya memerlukan dua perangkat yang mampu mentransfer NFC (seperti misalnya dua ZenFone 2 ZE551ML). Buka file di Galeri atau File Manager dan ketuk ikon "Share", lalu pilih Android Beam. Sebuah prompt akan muncul yang akan meminta kamu untuk menyadap kedua perangkat bersama-sama. Kamu harus menyadapnya bersama, masing-masing bagian belakang perangkat saling berhadapan.
Transfer kemudian harus dimulai segera setelah kedua perangkat mendeteksi "tap" kamu. Saya sarankan untuk membuka terlebih dahulu case atau pelindung yang perangkat kamu pakai.