search-button

Sep 15, 2017

3 Cara Membuat Skrip & Skenario Vlog Youtube yang Baik

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comTips Cara Membuat Skrip dan Skenario Vlog yang Baik Agar Video YouTube Banyak View. Bagi para pengguna internet, tentu tidak asing dengan salah satu media internet berupa vlog. Vlog ini merupakan salah satu media internet yang akhir-akhir ini sedang sangat viral digunakan oleh para pengguna internet, terutama para youtubers. Jika kamu tidak tahu apa itu vlog, vlog ini merupakan sejenis blog yang mana memberikan informasi-informasi dalam untuk di share.

Jika blog merupakan media sharing dalam bentuk tulisan, maka vlog ini lebih mengacu pada bentuk digital audio visual atau video. Tidak hanya menjadi media bagi para vlogger untuk share kegiatannya sehari-hari, namun juga menyajikan sejumlah informasi yang edukatif. Untuk membuat vlog, kamu tentu harus mempersiapkan alat dan juga konsep vlog yang menarik.
Cara Membuat Skrip dan Skenario Vlog YouTube

Membuat Skrip dan Skenario Vlog Youtube

Setelah berhasil menentukan tema apa yang akan kamu buat, tentu kamu membutuhkan skrip dan skenario untuk membuat vlog. Skrip dan skenario ini berguna untuk mempersiapkan alur vlog yang akan kamu buat. Lalu bagaimana cara membuat skrip dan skenario vlog yang baik?

1. Persiapkan Skenario Dengan Rapi dan Detail

Langkah pertama cara membuat naskah dan skenario vlog yang baik adalah dengan mempersiapkan skenario kamu dengan rapi dan detail. Dari mana kamu akan memulainya, kemudian selanjutnya apa dan begitu seterusnya.

Kamu terlebih dulu harus tau kemana arah vlog yang akan kamu buat ini. Jangan lupa untuk membuat kesimpulan atau akhir dari vlog yang kamu buat. Hal tersebut dapat menjadi acuan kamu untuk berhenti dimana. Semua bisa kamu pikirkan dengan matang terlebih dahulu.

2. Buat Catatan Untuk Menulis Tahapan Skenario

Jika kamu telah menentukan tahapan-tahapan pasti dari alur vlog kamu. Maka kamu bisa membuat catatan atau note sebagai pengingat skenario yang sudah kamu susun. Agar nantinya vlog yang kamu buat sesuai dengan skenario yang kamu buat.

Jangan lupa untuk menentukan apa yang menjadi inti atau isi vlog kamu. Hal ini menjadi acuan penting lho untuk membuat sebuah skenario. Catatan skenario ini pun bertujuan untuk membuat langkah pasti dari isi vlog kamu. Ini merupakan salah satu cara membuat skrip dan skenario vlog yang baik.
Baca juga:

3. Ketahui Apa Saja yang Akan Dibahas dan Buat Catatannya

Langkah selanjutnya adalah mengenai skrip yang kamu buat. Untuk membuat skrip yang baik kamu harus tau apa saja yang akan kamu bicarakan atau bahas pada vlog kamu ini. Jika kamu sudah tau apa saja yang akan kamu bahas, maka tuangkan pada catatan kecil mengenai skrip yang menjadi acuan kamu berbicara. Jika belum tau, silahkan untuk mencari referensi contoh skenario vlog.

Kamu akan mulai dengan berbicara apa atau membahas apa, kemudian inti dari vlog yang buat kamu akan membicarakan apa serta kamu akan mengakhiri vlog kamu dengan membahas apa. Semua harus dibuat catatan secara rinci dan jangan sampai ada yang terlewat.

Jika kamu sudah melakukan tahapan-tahapan diatas, maka vlog yang kamu buat hasilnya akan lebih baik. Hal ini akan menjadi salah satu acuan keberhasilan vlog yang kamu buat. Selain tema dan juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan vlog, skrip serta skenario merupakan pondasi yang akan membuat vlog kamu tersusun dengan baik.

Ketiga cara membuat skrip dan skenario vlog yang baik untuk video youtube diatas dapat menjadi salah satu referensi dan pengetahuan untuk membuat skrip dan skenario dengan tepat. Semoga ulasan kali ini cukup membantu kamu ya para vlogger.