search-button

Aug 8, 2017

10 Fitur Tersembunyi Android 7.0 Nougat yang WAJIB Diketahui

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – 10 Fitur Tersembunyi Android 7.0 Nougat yang wajib diketahui. Saat ini anak muda mana yang tidak mengenal Android? Yap, sistem operasi yang memiliki basis linux ini sudah dirancang untuk sebuah perangkat berlayar sentuh seperti smartphone ataupun tablet. Android kini sudah bukan lagi hal yang baru. Sampai saat ini android sudah merilis beberapa versi seperti versi jelly bean, ice sandwich, honeycomb, gingerbean, yogurt, kitkat, marsmallow dan yang terbaru adalah android nougat.

Fitur Tersembunyi Android Nougat

Tips dan Trik Dari Fitur Android Nougat

1. Fitur Split Screen

Fitur ini cukup membuat penggunanya merasa lebih dimudahkan. Anda dapat menekan dan menahan tombol overview dan aplikasi yang sudah Anda buka akan terbagi menjadi dua bagian dengan sendirinya. Dari tampilan ini Anda bisa memilih aplikasi yang mana yang ingin Anda buka atau Anda baca terlebih dahulu.

Tak hanya itu, untuk menyesuaiakan ke tampilan normal, Anda cukup menekan dan menahan tombol overview sekali saja dan tampilan pada smartphone Anda akan kembali seperti semula kembali. Anda juga bisa menyesuaikan salah satu garis batas jendela untuk memaksimalkan aplikasi atau Anda akan menyembunyikannya.

2. Fitur Penghemat Data

Bagi anda yang merasa boros dan menghabiskan banyak data, maka Anda tak perlu khawatir berkat fitur android 7.0 nougat untuk menghemat. Untuk mengaktifkan data Anda agar menjadi lebih hemat, maka Anda dapat mensettingnya terlebih dahulu. Caranya pilih data usage setting kemudian cari quick setting dan untuk membatasi data kesemua aplikasi, Anda cukup menambah aplikasi yang Anda inginkan ke white list. Dan untuk penghematan maksimal maka Anda dapat memilih unrestricted data acces untuk memilih aplikasi mana yang akan Anda utamakan sehingga data ponsel Anda tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.
Baca juga:

3. Fitur Quick Settings

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah fitur quick yang akan membuat pengguna mudah untuk mengatur perangkat. Caranya pilih ikon pensil atau edit yang ada pada notifikasi Anda. Dari sana Anda dapat menarik untuk menambahkan kotak baru dari penyimpanan anda. Tekan lama pada shortcut Anda bagi Anda yang ingin memindahkan atau mengatur kembali tampilan pada layar smartphone Anda.

Anda juga dapat memilih beberapa pilihan lain seperti cast, hostpot, atau invert colours. Jangan lupa juga jika Anda ingin mencoba trik lain yakni dengan melakukan tap wifi, network, atau batery. Anda dapat masuk ke tampilan pilihan tersebut tanpa pernah meninggalkan layar bayangan pemberitahuan.

4. Fitur Do Not Disturb

Smartphone yang sudah dibekali dengan android nougat akan memiliki kemampuan untuk  aplikasi yang mengganggu. Anda bisa menonaktifkan notifikasi yang Anda anggap kurang penting dan mengganggu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan lama tombol notification atau menggulir pemberitahuan hingga menemukan ikon gir. Selanjutnya untuk memaksimalkan android nougat Anda dapat memilih pilihan untuk notifikasi Anda seperti show notification silently, block all notification atau don't silence or block. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Fitur Direct Reply

Android 7.0 Nougat juga memiliki fitur yang mana pengguna dapat memberikan balasan cepat tanpa perlu mendatangi halaman tersebut. Baik itu sms, email atau pesan lainnya, Anda dapat langsung membalasnya hanya dengan menekan replay dan menulis balasan Anda pada tampilan tersebut.

6. Fitur Multi Tasking yang Lebih Cepat

Selain fitur unggulan android nougat diatas, yang lainnya yakni kecepatan dalam beralih antar aplikasi. Anda cukup mengetuk 2 kali pada tombol overview. Sedangkan bagi nada yang ingin menutup atau membersihkan aplikasi yang Anda anggap tidak penting, Anda cukup menemukan pilihan clear all. Pilihan tersebut akan menutup semua aplikasi yang sedang terbuka ataupun yang Anda gunakan.

7. Fitur Add Language

Pada beberapa smartphone, menggunakan bahasa kedua cukup mudah. Caranya pilih languages dan input dari menu setting. Selanjutnya tekan ke languages untuk Anda yang ingin menambahkan bahasa baru atau menata ulang kamus baru Anda. Jika Anda kesulitan, maka Anda dapat melakukan pengaturan kembali dari languages dan input, pilih ke virtual keyboard, klik google keyboard, languages dan gunakan silinder untuk memilih pilihan bahasa yang ingin Anda gunakan. bagi Anda yang ingin preferensi sama untuk solusi pihak ketiga maka Anda menemukan pengaturan detil dari aplikasi itu sendiri.
Baca juga:

8. Fitur Emergency Information

Android versi ini juga dilengkapi dengan info darurat yang penting bagi Anda. meskipun tidak menggunakannya namun Anda semua menyimpan semua info kontak Anda diinfo darurat ini mungkin adalah hal yang memang diperlukan untuk berjaga-jaga. Selanjutnya info ini dapat Anda tambahkan pada menu users. Pilih device setting dan tekan tombol ikon yang muncul pada kolom quick setting. Pilih menu emergency information untuk menambahkan informasi penting Anda.

9. Merubah DPI

Anda dapat mengubah dpi Anda sesuai dengan keinginan Anda. Caranya pilih menu display setting dan pilihlah display size.

10. Fitur Quick Camera

Pada tombol volume juga dapat Anda gunakan sebagai kontrol fungsi pada aplikasi kamera. Aktifkan terlebih daulu fitur Android Nougat ini dengan cara masuk ke setting kamera dan pilihlah tombol volume untuk mengambil gambar. Untuk menonaktifkan tinggal klik nonaktif dan semua akan normal.
Itulah beberapa fitur tersembunyi android nougat untuk memaksimalkan penggunaanya. Semoga bermanfaat.