search-button

May 25, 2017

10 Cara Menghemat Baterai Lenovo Agar Tidak Cepat Habis

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Tips Cara Menghemat Baterai Lenovo Agar Tidak Cepat Habis dan Lebih Awet. Sudah menjadi rahasia umum kalau smartphone dengan sistem operasi Android menghabiskan daya baterai secara lebih besar apalagi jika pengguna sering melakukan multi-tasking dan melakukan sinkronisasi. Tentu saja bagi para pengguna yang memiliki smartphone dengan RAM diatas 4GB akan lebih asyik jika memasang banyak aplikasi.

Tapi disisi lain, jika daya baterai yang dibekali kurang dari 3000MAh pastinya tidak akan seimbang. Belum lagi digunakan untuk bermain game online dan media sosial. Berikut ini kami jelaskan beberpa cara menghemat baterai Lenovo Android agar lebih awet dan tidak cepat habis.
Cara Menghemat Baterai Lenovo

Cara Menghemat Baterai HP Lenovo

1. Kurangi Kecerahan Layar di Fitur Brightness

Salah satu penyebab yang tidak terlalu kamu sadari ketika menggunakan hp adalah layar smartphone kamu yang dihidupkan dengan kondisi kecerahan maksimal. Tanpa kamu tahu, ini merupakan salah satu penyebab utama yang secara diam-diam memakan konsumsi daya baterai kamu. Untuk itu salah satu cara menghemat baterai lenovo adalah dengan mengurangi kecerahan layar android kamu saat kamu berada di lokasi yang tidak terlalu terang, atau tidak terkena paparan sinar matahari sehingga dapat lebih banyak menghemat baterai kamu.

2. Menutup Aplikasi Tertentu

Terkadang kamu sering membuka banyak aplikasi tertentu seperti social media atau hiburan. Faktanya beberapa dari aplikasi seperti Facebook dan Instagram merupakan jenis aplikasi yang paling banyak memakan memori dan daya baterai. Untuk mengurangi dan meminimalisir penggunaannya, kamu bisa me-log out akun yang ada pada aplikasi tersebut. Hal ini sebagai cara mengatasi baterai lenovo agar tidak cepat panas akan membantu daya baterai kamu menjadi lebih awet. Pastikan bila kamu tidak tengah menggunakan aplikasi tersebut, kamu mengeluarkan akun yang ada sehingga tidak ada notifikasi-notifikasi yang masuk.

3. Mengurangi Widget di Home Screen

Salah satu tips menghemat daya baterai lenovo Android kamu adalah dengan mengurangi jumlah Widget yang ada pada layar Home Screen kamu. Layar yang tampil dengan penampilan yang efisien dan simpel akan mampu menghemat daya baterai dalam jumlah yang lumayan. Sangat disarankan pula untuk tidak menggunakan jenis wallpaper yang berbentuk animasi. Model Live Wallpaper dengan animasi yang bergerak memang terlihat unik dan manis. Tetapi konsekuensinya daya baterai yang dibutuhkan menjadi lebih besar sehingga jumlah baterai hp kamu menjadi semakin berkurang dengan lebih cepat. Karena itu, buatlah layar utama kamu sehemat dan sesimpel mungkin.
Baca juga:
10 Aplikasi HP Lenovo Android Terbaik yang Harus Terpasang
Cara Masuk Recovery Mode Semua Type Lenovo Android

4. Mematikan Fitur GPS

Aplikasi yang satu ini selalu ada pada setiap jenis hape android termasuk Lenovo. GPS atau Location services ini memang memudahkan kamu buat mencari tahu lokasi tertentu dengan bantuan koneksi internet yang cepat. Akan tetapi, GPS yang aktif ini akan segera menghabiskan daya baterai kamu dalam waktu yang begitu cepat. Agar baterai lenovo tidak boros, kamu bisa mematikan GPS ini caranya adalah dengan membuka Setting yang ada pada menu. Kemudian geser menu dari On menjadi Off. Kamu masih tetap bisa menggunakan aplikasi ini khususnya bila kamu ingin memanfaatkan Maps dengan menghidupkan GPS sesekali saja.

5. Mematikan Wifi dan Paket Data

Banyak orang yang sering menghidupkan paketan data internet mereka setiap waktu. Alasan untuk selalu membiarkan koneksi data ponsel tetap hidup beragam mulai dari ingin selalu mendapatkan update terbaru dari media sosial yang dimiliki, notifikasi atau pesan-pesan yang tidak ingin ketinggalan didapatkan dan beragam hal jenis lainnya. Salah satu cara menghemat baterai hp lenovo ketika kamu tidak membawa charger atau powerbank maka kamu bisa mengatasinya dengan mematikan koneksi internet pada hape dan hanya menghidupkannya sesekali saja.

6. Mempersingkat Waktu Stand-by Layar

Salah satu cara dari cara menghemat baterai hp Lenovo android yang bisa kamu coba adalah dengan mempersingkat waktu hidup atau Stand-by layar hape kamu. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi semakin lama layar kamu hidup dan berada dalam keadaan Stand-by maka akan semakin cepat baterai hp kamu habis. Oleh karena itu, kamu bisa mempersingkat waktu Stand-by hape yang sebelumnya berada dalam waktu menit menjadi detik saja. Jadi misalnya, kamu menyeting waktu Stand-by yang dari awalnya 1 menit atau 5 menit dirubah menjadi hanya 10 detik atau 15 detik saja. Kamu bisa mengatur fitur ini dalam menu Display yang ada pada Setting.

7. Mematikan Mode Getar atau Vibrations

Saat kamu berada di ruangan yang penting seperti kantor atau sedang berada di perpustakaan, kamu pasti akan diminta untuk mengubahkan kondisi hape kamu dari berdering menjadi bergetar. Terkadang kamu mungkin lupa untuk mengubahkan kembali setting hape ke kondisi semula. Sebenarnya kondisi hape yang hanya bergetar atau menggunakan mode Vibrations justru akan semakin mempercepat proses habisnya baterai kamu. Bahkan kecepatan konsumsi daya baterai antara mode dering dengan mode getar jauh lebih besar pada mode getar. Karena itu, untuk menghemat baterai lenovo kamu bisa menggunakan mode sunyi sebagai alternatif.
Baca juga:

8. Mematikan Fitur Sinkronisasi

Salah satu alasan kenapa baterai lenovo boros adalah fitur yang terkadang selalu aktif tanpa kamu tahu cara mematikanya adalah fitur sinkronisasi. Memang fitur ini sangat dibutuhkan dan cukup penting tetapi dapat menghabiskan daya baterai hp Android dalam jumlah yang sangat besar. Apalagi bila aplikasi-aplikasi yang kamu download termasuk jenis aplikasi yang selalu mendapatkan update dalam waktu yang cepat. Memang fitur sinkronisasi ini bisa dengan mudah memberitahu kamu tentang pembaharuan sistem yang perlu dilakukan oleh ponsel kamu. Akan tetapi kamu bisa mengatasinya dengan hanya mengaktifkan fitur ketika perlu saja.

9. Matikan Fitur Rotasi pada Ponsel

Sebagian besar ponsel android selalu dibekali dengan fitur bantuan yang memudahkan pengguna untuk menggunakan ponsel seperti yang ada pada fitur rotasi layar. Fitur rotasi layar memudahkan kamu untuk melihat video atau tulisan dalam bentuk horizontal yang awalnya berada dalam posisi vertikal. Biasanya fitur ini hadir dalam bentuk Auto rotation yang akan membuat layar handphone secara otomatis akan berubah ketika kamu memposisikan hape dalam mode datar atau horizontal. Bahkan ada kalanya bila kamu tidak sengaja membawa hape dalam posisi menggengam yang miring, layar akan secara otomatis berubah. Fitur yang aktif seperti ini bisa kamu matikan sebagai trik cara menghemat baterai lenovo agar menjadi lebih hemat.

10. Gunakan Mode Power Saver

Tips cara menghemat baterai hp lenovo tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah dengan menggunakan fitur penghemat daya bawaan. Banyak orang yang belum memanfaatkan fitur ini dengan penuh. Padahal apabila kamu bisa memanfaatkannya maka kamu akan bisa mengoperasikan ponsel kamu dengan lebih lama karena ketersediaan baterai tetap tahan lama. Fitur Power saver ini bekerja dengan cara meredupkan layar secara otomatis dan mematikan segala aplikasi yang berjalan.
Trik cara menghemat baterai lenovo ini bisa kamu terapkan pada berbagai seri atau type seperti lenovo K6, lenovo A6600, lenovo ZUK Plus, lenovo ZUK Z2, lenovo P2 dan seri lainnya.
Degan mengikuti beberapa cara menghemat baterai lenovo diatas, daya baterai smartphone kamu tersebut akan lebih awet dan tidak boros. Semoga bermanfaat.