search-button

May 22, 2017

10 Tips Belanja Online di Facebook Aman dan Cermat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM10 Tips Belanja Online di Facebook Aman Dan Cermat. Saat ini banyak sekali social media yang menyediakan berbagai macam informasi yang bisa kita dapatkan dari mancanegara maupun dari negara kita sendiri. Dengan meluasnya berbagai macam informasi melalui social media ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menawarkan berbagai macam produk mereka melalui social media ini.

Salah satu layanan social media yang sering digunakan adalah Facebook. Akan tetapi banyak juga yang menawarkan produk abal-abal serta penipuan melalui social media yang satu ini. Buat kamu yang ingin berbelanja melalui Facebook, ada beberapa tips belanja di facebook yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk menghindari penipuan.

Tips Belanja Online di Facebook Aman

Tips Belanja di Facebook yang Aman dan Cermat

1. Periksa Dengan Teliti Akun Facebook-nya

Penjual suatu produk yang ada di facebook bisa akun pribadi atau akun fanspage. Jika ternyata kamu ingin membeli barang dari akun facebook pribadi pastikan kamu mengenal orangnya atau mendapat rekomendasi dari teman bahwa akun tersebut terpercaya. Dan apabila kamu ingin membeli produk dari pemasaran sebuah fanspage, periksa testimoni orang yang sudah membeli dan periksa juga dinding fanspage tersebut. Jika dinding fanspage dikunci, kamu jangan membeli barang dari akun seperti ini karena akan sulit untuk bertanya. Logikanya ingin bertanya saja dipersulit, apalagi nanti proses pengiriman. Niat jualan gak sih?

2. Minta COD

Tips Belanja Online di Facebook yang menurut saya sangat aman adalah dengan metode bayar ditempat. Sebelum kamu mencari penjual yang jaraknya jauh dari alamat kamu, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari olshop yang lebih dekat. Misalnya kamu ingin membeli kamera, maka datangi tokonya atau janjian di tempat yang sudah disepakati.

3. Seberapa Aktif Toko Tersebut dan Ceptanya Menjawab Pertanyaan

Toko yang sudah terpercaya akan mengupload foto produk dengan sangat rapi, detail dan juga update setiap hari. Biasanya toko seperti ini akan memiliki admin khusus untuk menjawab pertanyaan para calon pembeli atau keluhan dari barang yang sudah dibeli. Jika memang diperlukan, minta nomor telpon kemudian hubungi toko tersebut agar bisa bertanya dengan jelas.
Baca juga:

4. Apakah Produk Bergaransi?

Bagi kamu yang memang menginginkan produk asli dan memilih untuk mencarinya di Facebook pastikan barang tersebut bergaransi dan sesuai dengan foto produk yang ditampilkan. Kamu harus bertanya apakah produk ini garansi toko atau garansi resmi perusaahan pembuat. Lalu tanyakan berapa lama garansi yang diberikan terhadap produk tersebut. Jika produk cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi dan gambar apakah bisa ditukar dengan yang baru?

5. Transaksi

Salah satu tips belanja online di Facebook yang aman adalah dengan memperhatikan dan memilih cara bertransaksi yang ditawarkan. Dengan pembayaran melalui bank akan membantu anda untuk mempermudah pembayaran. Selain itu juga bisa membantu anda untuk mengetahui apakah rekening yang diberikan itu palsu atau tidak. Karena memang banyak sekali yang membuat rekening palsu hanya untuk menipu para customer yang suka belanja online.

6. Jangan Tergiur Harga Barang Murah

Salah satu yang sering sekali membuat para wanita saat berbelanja adalah tergiur dengan adanya diskon dan juga harga yang ditawarkan. Nah, untuk anda yang memang tidak ingin tertipu dengan oknum yang memanfaatkan keadaan ini bisa lebih berhati-hati saat melihat harganya. Akan lebih baik untuk membandingkan dan mencari informasi lain tentang harga barang tersebut secara umum. Apa mungkin iPhone 7 plus baru harganya 2 juta? Tidak masuk diakal.

7. Lihat Rincian Produk

Saat anda membeli barang melalui facebook, ada tips untuk berbelanja online dari facebook dengan aman dan juga cermat. Cara tersebut adalah dengan melihat rincian produk yang ditawarkan. Banyak sekali orang yang melewatkan langkah yang satu ini. Padahal dengan adanya rincian maka anda akan mengetahui produk yang ditawarkan sehingga akan lebih mudah untuk memilih produk yang memang ori atau palsu.
Baca juga:

8. Simpan Bukti Transaksi

Apabila anda selesai melakukan pembayaran, akan lebih baik untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut. Selain itu juga sangat penting untuk menyimpan berbagai macam bukti seperti kuitansi digital, dan juga percakapan yang terjadi antara anda dengan si penjual. Dengan menyimpan bukti transaksi ini akan membantu anda apabila mengalami penipuan dan bisa langsung dilaporkan kepihak yang berwajib.

9. Minta Kode Tracking

Jika kamu membeli barang dari luar kota dan dikirmkan melalui jasa kurir, pastikan kamu diberikan kode tracking untuk mengawasi dan melacak barang tersebut sudah sampai mana. Dan pastikan juga apakah kiriman paket tersebut menggunakan layanan bergaransi atau tidak. Bicarakan terlebih dahulu dengan penjual jika kamu ingin dikirim paket dengan garansi kurir yang digunakan.

10.  Jika Tidak Kepepet, Lebih Baik Beli di Market Place

Tips belanja di facebook yang terkahir akan membuat kamu sedikit terkejut ya ini, jangan membeli produk lewat facebook jika tidak kepepet. Meskipun di facebook banyak olshop yang terpercaya, tapi siapa yang mau menjamin kalau kita tidak akan ditipu? Apakah facebook? Di indonesia saat ini sudah banyak pasar online seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, MatahariMall, Blibli dan lain-lain. Pasar online tersebut adalah perusahaan resmi yang akan menjamin bahwa si pembeli akan mendapatkan barangnya atau uangnya kembali.
Jadi itulah beberapa tips belanja aman di facebook agar tidak ditipu atau mendapatkan barang yang memang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.