search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Nyala atau Hidup (UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comSolusi Jitu Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Menyala atau Hidup. Terhubung ke internet di smartphone bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan menggunakan paket data dan koneksi wifi. Kedua jenis koneksi ini tujuannya sama saja yaitu agar membuat pengguna bisa mengakses konten internet atau online di internet. Yang jelas saat ini kecepatan internet di indonesia sudah lebih baik ya, terutama dengan adanya jaringan 4G. Apalagi bila kita menggunakan wifi maka akan semakin ngebut saja ketika surfing di internet.

Kenapa wifi android tidak berfungsi? Ada beberapa faktor penyebab WiFi pada Android tidak bisa menyala. Bisa saja karena komponen WiFi didalam ponsel Android Anda yang rusak. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk men-service Android Anda, ada baiknya di cek terlebih dahulu, apakah benar-benar rusak atau tidak. Kali ini saya akan mengulas tentang cara mengatasi Wifi Android tidak menyala.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Nyala

Solusi Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

1. Cek WiFi di Ponsel Android

Hal yang pertama untuk mengatasi wifi Android tidak bisa diaktifkan adalah mengecek settingan WiFi pada ponsel Android Anda. Apakah sudah menyala atau belum. Jika belum menyala silakan Anda nyalakan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, buka “Pengaturan » cari WiFi lalu nyalakan”. Ini cara yang paling mudah dan paling awal yang Anda lakukan.

2. Restart Smartphone Android Anda

Cara memperbaiki WiFi Android yang mati atau tidak mau menyala yang kedua adalah Anda bisa melakukan restart ponsel. Matikan terlebih dahulu WiFi pada ponsel Anda. Lalu restart, tunggu sampai menyala dan nyalakan kembali WiFi pada ponsel Android Anda.

3. Lakukan On/Off WiFi

Selanjutnya untuk mengatasi WiFi pada ponsel Android yang tidak menyala, Anda bisa mencoba dengan melakukan on/off pada WiFi Android Anda. Lakukan terus-menerus sampai menyala kembali.

4. Cek Kondisi WiFi di Ponsel Android Anda

Untuk mengetahui WiFi pada ponsel Android Anda berfungsi atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi Phone Tester. Aplikasi ini bisa mengetahui berbagai perangkat yang ada pada ponsel Android Anda. Jika Anda pengguna Asus Zenfone tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, Anda cukup buka kalkulator lalu ketik ".12345+" lalu tap tombol sama dengan (=). Selanjutnya pilih “WiFiBus_Test”. Tunggu prosesnya sebentar. Jika sudah muncul tulisan “PASS” berarti WiFi pada ponsel Android Anda tidak bermasalah.

5. Factory Reset

Langkah selanjutnya cara mengatasi WiFi tidak bisa on di Android adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik, caranya Anda buka "Pengaturan » pilih Cadangkan dan Reset" lalu pilih "Reset data pabrik". Untuk melakukan cara ini pastikan Anda sudah mem-backup semua data yang ada di ponsel, entah itu aplikasi, atau data yang tersimpan di telepon.

6. Flash Ulang

Cara yang ke enam, yaitu dengan menginstal ulang firmware-nya, masing-masing ponsel Android memiliki cara yang berbeda. Tentunya Anda harus mendownload telebih dahulu firmware yang sesuai dengan Android Anda. Lakukan hal ini jika cara diatas tidak berhasil juga, tetapi saya sarankan untuk mem-backup semua data yang tersimpan pada ponsel.

7. Mengklaim Garansi

Jika WiFi pada ponsel Anda tidak bisa dinyalakan juga, cara terakhir yaitu dengan mengklaim garansi. Namun, pastikan kerusakan yang terjadi bukan karena kesalahan Anda. Silakan Anda bisa mengklaim garansi ke service center ponsel Anda.
Semua cara memperbaiki WiFi di HP Android tidak menyala tersebut bisa kamu terapkan ke berbagai merk smartphone seperti Samsung Galaxy, ASUS Zenfone, Xiaomi, Sony Xperia, Oppo, Lenovo, LG, Smartfren Androidmax, Vivo dan yang lainnya.
Itulah cara mengatasi WiFi Android tidak bisa menyala, Anda bisa mencoba beberapa langkah tersebut secara beruruta. Semoga bermanfaat.
Baca juga: