search-button

Jul 21, 2017

10 Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comSolusi Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri. Perkembangan smartphone tiap tahunnya meningkat begitu pesat, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang membeli smartphone, selain canggih smartphone tersebut bisa digunakan untuk bekerja, membaca, menonton film dan lain sebagainya. Sehingga vendor dari smartphone itu pun berlomba-lomba untuk membuat smartphone yang bagus dan disukai para pengguna.

Secanggih apapun ponsel tersebut pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk ponsel Android kebanyakan sering terjadi masalah layarnya bergerak sendiri tanpa kita sentuh, orang menyebutnya dengan sebutan Ghost Touch, pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara mengatasi layar Android bergerak sendiri.

Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

1. Reboot atau Restart Smartphone Android

Cara yang sederhana dan paling mudah untuk memperbaiki touchscreen Android yang bergerak sendiri yaitu dengan merestartnya, kenapa demikian? Karena pada saat ponsel direstart maka program yang berjalan pun akan dimatikan, sehingga pada saat ponsel menyala kembali tidak ada aplikasi yang berjalan. Bisa saja layar Android bergerak sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang, sehingga membuat ponsel kehabisan RAM dan membuat layar menjadi error.

2. Charger Rusak

Cara mengatasi touchscreen error saat charge pada hp android ketika baterai ponsel habis lalu dicharger, tetapi layarnya malah bergerak sendiri. Awalnya saya heran kenapa layarnya bisa bergerak sendiri tanpa saya sentuh, setelah saya cek dan saya ganti chargernya ternyata tidak bergerak lagi. Jadi ketika Anda mengalami masalah tersebut pada saat ponsel yang dicharger saya sarankan untuk mengganti chargernya atau kabel datanya saja.

3. Touchscreen Rusak

Cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri adalah Anda bisa mencobanya dengan mengecek keadaan layar sentuh tersebut. Kemungkinan layar tersebut terkena air yang masuk kedalam ponsel, atau keadaan layar kotor. Jadi saya merekomendasikkan pada Anda untuk mengecek layarnya, jika memang terjadi kerusakkan berarti Anda harus menggantinya atau di service.

4. Baterai Ponsel Habis

Selanjutnya untuk mengatasi Ghost Touch pada Android adalah Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, yang saya alami ketika baterai pada ponsel saya habis atau lemah pada saat itu juga layarnya bergerak sendiri. Ketika saya membuka aplikasi pun malah keluar sendiri dan masuk ke recent app. Lalu saya mencobanya untuk mencharger ponsel tersebut. Akhirnya laya pada ponsel Android saya tidak bergerak sendiri lagi. Solusi buat Anda ketika mengalami hal seperti ini silakan untuk mengisi ulang baterai Android Anda.

5. Pelindung Layar atau Screen Protector

Jika Anda menggunakan pelindung layar, dan ponsel Anda mengalami Ghost Touch. Silakan untuk mengeceknya bisa saja karena pelindung layar dipakai kotor. Jadi Anda bisa coba untuk membersikannya.

6. Overheating

Pada dasarnya ponsel Android memiliki batas pemakaian, jika Anda menggunakannya secara berlebihan dan terjadi overheating atau panas berlebihan pada bagian mesin. Bisa saja ini menjadi penyebab layar Android Anda bergerak sendiri. Untuk mengatasinya silakan Anda tutup aplikasi yang tidak digunakkan, atau dengan cara mematikkan ponsel lalu cabut baterai dan diamkan beberapa menit.

7. Bug pada ROM/Firmware

Ketika Anda mengalami masalah pada layar Android bergerak sendiri tanpa Anda menyentuhnya, kemungkinan terjadi karena adanya bug pada Firmware Anda, Anda bisa melakukkan upgrade, atau bisa juga dengan menggunakan Custom Rom.

8. Matikkan Option Force Gpu Rendering

Bagi sebagian orang sudah tahu apa itu mode pengembang, mode pengembang adalah mode tambahan yang fungsinya cukup banyak, diantaranya Anda bisa mengaktifkan USB Debugging. Namun, jika Anda mengalami masalah pada ponsel Anda yaitu layarnya bergerak sendiri. Anda bisa masuk ke mode pengembang lalu lihat option Force Gpu Rendering. Jika aktif silakan Anda matikkan option tersebut.

9. Kalibrasi Touch Screen

Cara ini banyak dilakukakan karena cukup mudah, untuk mengatasi masalah ghost touch Anda bisa mencobanya dengan cara ini. Anda bisa menggunakkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Kalibrasi Layas Sentu yang ada di Play Store. Anda bisa mendownloadnya secara gratis.

10. Factory Reset

Terakhir yaitu dengan cara mengembalikkan ponsel seperti Anda baru membelinya, caranya cukup mudah. Anda buka Pengaturan » Cadangkan » Reset data pabrik. Tapi ingat jika Anda ingin melakukkannya pastikan baterai ponsel Anda penuh dan data yang ada di memori internal akan terhapus. Jadi pastikkan Anda membackupnya terlebih dahulu.

Demikian pembahasan cara mengatasi layar Android bergerak sendiri, semoga ini bisa membantu Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi blog ini terus karena akan banyak informasi yang akan saya bagikan. Sekian dan terima kasih.
Baca juga: