search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC Komputer

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – UPDATE! Solusi Jitu Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop dengan lima metode yang berbeda. Pernahkah Anda mengalami masalah pada perangkat Android yang tidak terkoneksi oleh PC atau Laptop? Biasanya Android akan memberi pesan atau notifikasi ketika perangkat Android dihubungkan dengan PC atau laptop dan secara otomatis fungsi dari chargernya juga aktif.

Tetapi jika perangkat Android Anda tidak ada notifikasi ketika dihubungkan ke komputer atau laptop menggunakan kabel data, maka terdapat masalah, entah itu pada Android Anda sendiri atau pada komputernya. Masalah pada perangkat Android tidak tebaca oleh kompiter atau laptop merupakan masalah yang sering dialami oleh pengguna Android, dan tidak sedikit dari mereka yang dapat mengatasi masaalh seperti ini. Maka dari itulah saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi smartphone Android yang tidak terbaca oleh PC atau laptop.

Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC Komputer

Solusi Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Komputer

1. Periksa Kabel USB

Pertama cara agar usb terbaca dikomputer Anda bisa mencoba kabel USB lain, karena kemungkinan masalah tersebut terjadi bisa saja pada kabel USB yang rusak. Jika Anda sudah mengganti kabel USB tetapi perangkat Android juga tidak tebaca oleh komputer/laptop, maka masalah bukan pada kabel USB. Jadi silakan mencoba cara selanjutnya.

2. Periksa Port USB Komputer

Cara selanjutnya untuk mengatasi usb Android tidak bisa connect ke PC adalah pada komputer atau laptop Anda terdapat beberapa port USB, jadi Anda bisa mencobanya satu persatu port tersebut. Jika masih tidak terdeteksi berarti permasalahannya bukan pada port USB-nya. Kemungkinan masalah memang pada perangkat Android Anda. Tetapi Anda bisa mencoba langkah selanjutnya dengan cara setting manual.

3. Lakukan Restart Terhadap Smartphone

Jika kedua cara diatas sudah Anda coba tetapi masih tidak bisa juga, cara selanjutnya Anda bisa merestart perangkat Android Anda, jika sudah menyala silakan hubungkan kembali dengan komputer atau laptop tunggu sampai notifikasi muncul pada perangkat Android Anda.

4. Install Driver

Keempat untuk mengatasi masalah Android tidak terbaca oleh komputer. Silakan Anda coba untuk menginstal driver yang sesuai dengan perangkat Android Anda. Namun biasanya driver akan terinstal secara otomatis pada komputer dengan sistem operasi Windows 7 keatas.

5. Aktifkan Usb Debugging Smartphone

Langkah terakhir bagaimana cara agar usb terbaca dikomputer atau laptop? Sekarang pada ponsel Android Anda, masuk ke menu "Pengaturan » Penyimpanan" tap tombol yang berbentuk ikon "USB" dibagian pojok kanan atas lalu centang pada "Perangkat media(MTP)". Apabila cara tersebut berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa perangkat Android Anda sudah tersambung ke komputer Ada. Tetapi agar muncul pemberitahuan tersebut, pertama Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di “Settings » Pilihan Pengembang” kemudian centang “Mendebug USB” sampai aktif.

Itulah cara mengatasi perangkat Android yang tidak terbaca oleh komputer atau laptop, Anda bisa mencobanya satu persatu. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda tentang smartphone Android.
Baca juga: