search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Mengatasi Layar Android Bergaris Warna-Warni

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergaris Warna Warni tidak sesulit yang kamu pikirkan karena bisa merepkan solusi yang akan saya jelaskan ini. Touch screen pada smartphone Android berfungsi untuk memberikan perintah pada sistem tentang aktivitas apa yang akan kita lakukan. Mulai dari melakukan navigasi, bermain game, mengetik dan lain sebagainya. Meski demikian, peranannya tak terlepas dari 3 fungsi tombol utama yaitu Home, Back, dan Recent Apps.

Namun terkadang ada saja kendala yang menyebabkan kita tidak nyaman saat menggunakan layar sentuh ini. Salah satunya adalah dengan munculnya garis-garis pada layar hp Android yang berwarna-warni. Layar smartphone Android yang bergaris ini, bisa nampak secara vertikal maupun horizontal sehingga tak jarang membuat kita merasa khawatir akan terjadinya kerusakan. Nah pada artikel ini, saya akan membahas cara mengatasi layar Android bergaris agar hilang dan tampilan smartphone Anda kemabali normal.

Cara Mengatasi Layar Android Bergaris Warna Warni

Penyebab Layar Android Bergaris Warna Warni

Layar hp bergaris dan goyang saat digunakan, bisa terjadi pada smartphone low-end hingga high-end. Tak terkecuali garis ini muncul pada layar seperti samsung galaxy, xiaomi, oppo, asus zenfone, lenovo, LG, vivo hingga pada iphone sekalipun. Khusus untuk smartphone yang berbasis Android OS, saya kira permasalahnnya akan muncul jika Anda telah melakukan root, tidak sengaja masuk ke settings yang tidak Anda ketahui fungsinya hingga baru saja memasang custom ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda.

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris Warna Warni

Namun tidak menutup kemungkinan pula penyebab lain bisa mengakibatkan layar Android bergaris dan berwarna seperti merah, biru, kuning hingga putih. Solusi dan cara memperbaiki layar bergaris ini, bisa Anda terapkan jika memang penyebabnya seperti yang telah saya jelaskan diatas.

1. Memperbaiki Layar Bergaris Melalui Pengaturan Developers Options.
Sedikit saya jelaskan khusus untuk pemula, fitur Developers Options tersedia di semua perangkat Android OS. Tetapi untuk menerapkan fitur ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Tap “Settings » About Phone”.
  • Layar HP Android Bergaris Warna Warni
  • Tap “Build Number” sebanyak 7 kali dengan cepat hingga muncul dan aktif pengaturan “Developer Options”.
  • Selanjutnya masuk ke Developer Options tersebut dan gulirkan kebawah.
  • Cari menu “Show Pointer Location” dan matikan agar tidak tercentang.
  • Maka garis warna-warni pada layar pun akan hilang dan kembali normal.

2. Matikan dan Reboot.
Jika cara pertama tidak berhasil, matikan smartphoen Android kemudian lepaskan semua yang ada pada slot seperti kartu SIM, Micro SD dan Baterai. Biarkan terlepas selama 15 detik kemudian pasang dan hidupkan kembali. Tujaun dari cara ini adalah untuk memuat ulang kembali sistem Android saat reboot. Cara ini cukup ampuh jika penyebabnya adalah karena terjadi konflik saat memasang Custom ROM.
Baca juga:

3. Factory Reset.
Lakukan factory reset jika kedua cara diatas tidak berhasil. Tujuannya untuk mengembalikan Android ke pengaturan awal awal garis yang muncul bisa hilang. Tapi ingat, lakukan backup sebelum factory reset.

4. LCD HP Android Bergaris Akibat Terjatuh.
Waduh! Jika smartphone Anda terjatuh dari ketinggian tertentu atau menghantam benda yang keras, maka tidak menutup kemungkinan layar hp Android akan bergaris. Biasanya hal ini tidak ada kaitannya dengan error pada sistem karena kerusakan terjadi pada perangkat kerasnya yaitu LCD. Untuk itu sebaiknya Anda membawanya ke toko tempat membeli smartphone tersebut untuk diperbaiki.

Jangan pernah membongkar sendiri smartphone tanpa panduan yang benar. Bisa-bisa nanti casing smartphone retak atau patah saat moncoba membukanya. Lakukan saja cara mengatasi layar sentuh android bergaris warna warni seperti diatas yang bisa Anda terapkan. Jika memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar.
Baca juga: