search-button

Dec 1, 2016

7 Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mengatasi android instal aplikasi sendiri bisa dilakukan dengan tips yang akan saya jelaskan berikut ini. Android OS merupakan software open source yang dimiliki oleh Google dan digunakan oleh berbagai merk smartphone ternama. Termasuk Samsung, Oppo, Xiaomi, LG, Sony Xperia, ASUS Zenfone, Smartfren Andromax 4G dan yang lainnya. Tentu saja terdapat alasan yang dapat menguntungkan bagi vendor untuk memproduksi smartphone Android ini.

Smartphone Android tidak terlepas dari yang namanya error seperti sering instal aplikasi sendiri. Akan timbul rasa kesal saat hal ini terjadi karena bisa menghabiskan banyak kuota internet yang Anda beli. Benar kan? Disisi lain, Anda sebagai pengguna yang kurang begitu memahami tentang OS ini cukup kesulitan untuk mengatasi android sering download sendiri.

Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri

Cara Mengatasi Android yang Download Aplikasi Sendiri

Pengguna Android, bisa mengatur apa saja yang ingin di update otomatis dan apa yang tidak. Yakni dengan cara masuk ke pengaturan didalam aplikasi google play. Meskipun demikian, saya sering menemukan beberapa merk smartphone Cina yang meskipun sudah diatur dari aplikasi play store, tetap saja android tersebut memperbarui atau install aplikasi sendiri. Berikut adalah beberapa trik untuk mengatasinya.
1. Disable Download Manager.
Secara default, Android dibekali dengan aplikasi download manager yang mana berfungsi untuk mengunduh file seperti dokumen, musik, video dari website. Tetapi, download manager ini terkadang error dan menginstall aplikasi sendiri padahal seharusnya, aplikasi hanya bisa tersinstall secara online melalui google play.
  • Buka Settting » Application manager.
  • Selanjutnynya swipe hingga berada pada tampilan All.
  • Gulirkan kebawah kemudian cari dan buka Download manager.
  • Pada tampilan App info, tap Force Stop, Disable, atau bahkan Clear Data.
2. Hapus Aplikasi Mobogenie dan DU Speed Booster.
Entah apa asalannya kenapa kedua aplikasi ini sering mempromosikan aplikasi lain dan secara diam-diam android download aplikasi sendiri. Kebanyakan Android buatan Cina-lah yang sudah dibekali salah satu aplikasi ini dan menjadi penyebab aplikasi terinstal sendiri. Hapuslah kedua aplikasi ini, atau Anda bisa mendisable-nya dari App info.
3. Disable Auto Update Dari Google Play.
Sebagian pengguna baru smartphone Android sering beranggapan bahwa auto update ini adalah menginstall aplikasi sendiri. Padahal sebenarnya ini adalah hal yang berbeda. Fitur ini berfungsi untuk memperbarui aplikasi Android yang sudah terpasang saja. Tidak akan menginstall baru. Jadi bagi Anda yang belum lama menggunakan Android, disable fitur ini dnegan cara buka aplikasi Google Play Store » Setttings » Auto-update apps kemudian pilih Do not Auto-update apps.
Baca juga: 4. Gunakan Aplikasi Mobiwol.
Cara Mencegah Aplikasi Terinstall Sendiri di Android
Mobiwol adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyaring koneksi internet yang masuk dan keluar dari smartphone kita. Pengguna bisa mengatur aplikasi apa saja yang dapat mengakses internet atau tidak secara individu. Sebagai contoh, agar Mobogenie tidak bisa mengakses internet maka gunakan aplikasi ini.
5. Gunakan Aplikasi Anti Virus Lookout atau Malwarebytes Anti-Malware.
Salah satu penyebab aplikasi terinstal sendiri di android adalah karena virus dan malware. Untuk itu gunakan salah satu aplikasi favorit saya ini kemudian scan smartphone Anda. Jika Ada virus atau file mencurigakan yang terdeteksi, hapus saja file tersebut.
6. Disable Fitur Unknown Sources.
Fitur ini merupakan bagian dari keamanan perangkat agar Android bisa menginstall aplikasi dari file apk dan sumber lain. Namun Anda patut curiga dengan fitur ini yang mungkin telah Anda aktifkan sebelumnya. Salah satu cara mencegah aplikasi terinstall sendiri di android adalah dengan menonaktifkannya. Caranya tap Settings » Security » kemudian jangan centang Unknown Sources.
7. Ganti ROM atau Firmware.
Jika kejadiannya sudah parah, smartphone Android yang sudah terinfeksi oleh malware atau virus akan sulit untuk dihilangkan meskipun kita telah melakukan factory reset. Tetai sekali lagi, kejadian ini hanya sering terjadi pada smartphone low-end buatan cina. Datangilah tempat service kemudian ganti ROM atau Firmware-nya.

Solusi diatas merupakan trik yang biasa saya lakukan untuk mengatasi android yang download atau install aplikasi sendiri. Jika Anda memiliki kendala lain, silhkan berkomentar.
Baca juga: