search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi Musik/Lagu Tidak Terdeteksi di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Musik dan Lagu Mp3 Tidak Muncul di Pemutar Musik Android dengan beberapa langkah mudah berikut ini. Sebagai salah satu jenis file media hiburan, file audio terdiri dari beberapa format. Seperti mp3, m4a, wav, wma dan yang lainnya. Jenis format audio seperti mp3 adalah yang paling banyak dikoleksi oleh para pengguna smartphone Android. Tentu saja karena format mp3 ini adalah yang dipakai oleh berbagai lagu yang tersimpan.

Semakin banyak menyimpan musik didalam smartphone, maka semakin banyak pula pilihan bagi kita untuk memutarnya. Tapi terkadang pengguna mengalami masalah seperti musik tidak bisa diputar di Android. Masalah ini biasanya ada ketika kita ingin memutar lagu didalam music player, tapi sayangnya file musik tidak terdeteksi di Android. Lalu apa penyebabnya? Adakah cara mengatasi lagu tidak muncul di pemutar musik ini?

Cara Mengatasi Musik MP3 Tidak Terdeteksi di Android

Penyebab File Musik Tidak Terdeteksi di Android

Ketika kita menyimpan file musik dan audio didalam smartphone, entah itu di microSD atau penyimpanan internal maka seharusnya aplikasi bisa memindai file tersebut dan muncul disana. Adapun penyebab musik yang tidak terdeteksi itu sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa alasan. Seperti, Anda mengunduh lagu dan menyimpannya kedalam folder yang di proteksi, terjadi kerusakan pada aplikasi pemutar musik hingga rusaknya kartu memori eksternal tempat file musik tersebut disimpan.

Cara Mengatasi Lagu yang Tidak Terdeteksi di Android

Pada turorial ini, saya akan mencoba menunjukkan bagaimana cara memperbaiki lagu mp3 agar file musik dapat kembali muncul di aplikasi music player dan bisa diputar. Tentu saja Anda bisa menerapkan solusi ini pada merk smartphone Android apapun seperti Samsung galaxy, Xiaomi, Azuz Zenfone, LG, Smartfren Andromax, Oppo, Lenovo, Sony Xperia, Nexus dan yang lainnya.

1. Matikan Smartphone dan Lepaskan MicroSD.
Sebelum Anda melakukan hal apapun, matikan smartphone Android kemudian lepaskan baterai, microSD dan kartu SIM. Diamkan selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuannya adalah untuk memidai ulang semua file musik pada saat sistem Android melakukan reboot.
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Music Player.
Aplikasi pemutar musik apa yang sering Anda gunakan? Hapuslah semua data yang tersimpan didalam aplikasi musik tersebut agar ia bisa kembali ke pangaturan awal. Tetapi, berbagai kostumisasi seperti daftar trek favorit dan equalizer pun akan ikut terhapus jika Anda melakukan langkah ini. Caranya tap Pengaturan » Aplikasi Manager » Google Play Musik. Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
3. Update Aplikasi Pemutar Musik.
Salah satu cara mengatasi lagu yang tidak terdeteksi pada saat diputar adalah dengan memperbarui aplikasi music player ke versi terbaru. Tujuan ini dilakukan agar mendapat pembaruan mengenai bug fixing yang mungkin menjadi penyebab file musik tidak mucul.
4. Pindahkan File Lagu dan Musik ke Folder Baru.
Jika ternyata Anda baru saja memindahkan folder lagu mp3 dari PC atau laptop tetapi tidak terdeteksi di aplikasi musik player, buatlah satu buah folder baru menggunakan Android. Pindahkan “file mp3” kedalamnya, tetapi jangan memindahkan folder hasil dari pc tersebut. Caranya bisa dilakukan melalui apikasi File Manager.
Baca juga:

5. Ganti MicroSD.
Ada banyak kasus yang sering terjadi dengan memuat keterangan “tidak dapat memutar trek yg diminta”. Hal ini terjadi karena file musik sudah terhapus dari dalam foler tetapi ia masih muncul didalam aplikasi musik player. Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah karena kartu memori eksternal Anda telah rusak.
6. Format Audio Harus Mendukung.
Disisi lain, pengguna juga sering menghadapi masalah atau keterangan yang muncul seperti “maaf pemutar tidak mendukung jenis audio ini”. Artinya, musik tersebut terdeteksi tetapi tidak ada aplikasi yang mendukung terhadap format audio yang akan Anda putar. Caranya convert lah audio tersebut ke file yang mendukung di smartphone Anda.
7. Factory Reset.
Salah satu manfaat dari factory reset adalah untuk “menyembuhkan” kembali sistem Android ke pengaturan awal. Termasuk jika ada eror yang menyebabkan musik tidak terdeteksi di Android.  Tapi sebelum Anda melakukan langkah ini, backup lah terlebih dahulu pengaturan akun google agar nantinya mudah pada saat proses restore.

Kesimpulannya, Cara Mengatasi Musik Lagu MP3 yang Tidak Terdeteksi di Android bisa dilakukan dengan beberapa solusi diatas. Jik Anda memiliki masalah lain mengenai file audio ini, silahkan berkomentar.
Baca juga: