search-button

Oct 28, 2016

5 Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips jitu Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi dengan beberapa trik mudah berikut ini. Smartphone yang sudah Anda gunakan terlalu lama biasanya akan mengalami kerusakan di berbagai sisi. Misalnya pada software yang membuatnya sering restart, lemot, mudah panas hingga terjadi kerusakan pada tombol home dan back. Ini merupakan hal yang wajar terlebih jika hp tersebut sering Anda gunakan untuk tasking yang memberatkan.

Setiap smartphone Android dibekali dengan tombol fisik yakni Home, Back dan Volume. Masing-masing dari tombol tersebut memiliki fungsi tersendiri. Tak hanya untuk memperbesar suara, karena untuk dapat masuk kedalam recovery mode pun kita membutuhkan kombinasi dari tombol-tombol ini. Misalnya, ketika kita menekan tombol Home maka smartphone diperintahkan untuk menampilkan homescreen dari ROM atau launcher yang digunakan. Lalu bagaiamana jika tombol home Android rusak dan tidak berfungsi?
Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Home Android Rusak Tidak Berfungsi

Pada saat tombol home Android rusak, pengguna akan sulit melakukan multi tasking karena harus menutup satu-persatu setiap aplikasi yang telah digunakan melalui tombol back. Penyebab tombol home Android tidak berfungsi ini pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor namun tidak terbatas dari yang saya jelaskan ini. Misalnya Anda telah melakukan root, memasang custom room yang tidak sesuai dengan spesifikasi, disebabkan oleh aplikasi yang baru saja Anda pasang hingga retak dan rusak akibat terjatuh.

Solusi Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Tetapi tidak menutup kemungkinan pula bahwa tombol home Android rusak karena memang Anda tidak rapi dalam memperlakukannya. Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa trik cara memperbaiki tombol home Android yang tidak berfungsi saat ditekan atau disentuh.
1. Hapus Aplikasi yang Baru Saja Anda Pasang.
Kebanyakan pengguna yang sering mengutak-atik Android dengan cara melakukan root atau mengganti custom room, sudah terbiasa dengan terjadinya error. Namun akan berbeda bagi seorang pemula dalam menghadapi masalah tersebut. Beberapa aplikasi tools bisa saja menyebabkan tombol Android tidak berfungsi karena Anda telah melakukan tweak sehingga secara langsung merubah perintah saat pengguna menekan tombol home.
2. Unroot dan Kembalikan ke Stock ROM.
Khusus bagi Anda yang baru saja melakukan root atau menggunakan custom rom, sebaiknya kembalikan lagi smartphone Anda ke keadaan semula. Bisa saja tombol home Android tidak berfungsi karena custom rom yang tidak compatible. 
3. Factory Reset.
Salah satu manfaat factory reset Android adalah untuk memperbaiki dirinya agar kembali dapat bekerja dengan baik akibat error yang sering terjadi. Penyebab error ini bisa terjadi karena pembaruan dari aplikasi yang memberikan bugs terhadap smartphone Anda sehingga menyebabkan tombol home Android tidak berfungsi. Pastikan untuk membackup data-data sebelum melakukannya.
4. Gunakan Aplikasi AssitiveTouch Android.
Assistive Touch for Android adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai tasking melalui tombol virtual yang nampak pada layar smartphone. Pengguna iOS sudah tidak heran dengan ini karena mereka memang sudah dibekali dengan fitur Assistive Touch. Anda bahkan dapat mengatur sendiri tombol apa yang ingin dibuat.
Baca juga :
5. Pasang Aplikasi Pengganti Tombol Home Fisik.
Cara Memperbaiki Tombol Home Android Rusak
Handy Soft Keys adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengganti peran tombol fisik yang telah rusak. Ia tak hanya berfungsi sebagai tombol home virtual saja melainkan tombol back & recent apps pun tersedia didalamnya. Handy Soft Keys sangat cocok digunakan untuk mengganti tombol home Android yang rusak secara fisik misalnya retak karena terjatuh. Pasang di Play Store.

Kesimpulannya, ketika tombol fisik rusak, Anda bisa menerapkan Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi seperti yang telah dijelaskan diatas. Sebenarnya solusi tersebut tak hanya untuk tombol home saja, melainkan tombol Back dan Multi Tasking pun bisa menggunakan solusi diatas.
Baca juga :