search-button

Oct 1, 2016

7 Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul & Bunyi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul dan Tidak Bunyi agar kembali bisa mendapatkan pemberitahuan masuk. Fitur push notification yang ada didalam aplikasi LINE, akan membantu pengguna mendapatkan berbagai pemberitahuan dari aktivitas akun mereka. Misalnya saat ada chat, telpon masuk dan video call maka akan langsung berbunyi. Tetapi disisi lain, banyak pengguna yang mengalami masalah yakni pemberitahuan line tidak bunyi sehingga harus memeriksanya secara manual.

Meskipun pengguna selalu terkoneksi ke internet, terkadang notifikasi line telat datang dan bahkan tidak berbunyi sama sekali. Barulah setelah kita membuka aplikasi line, banyak pemberitahuan yang masuk misalnya dari orang yang mencoba menelpon dan video call akhirnya tidak bisa kita angkat. Lalu kenapa notifikasi line tidak muncul padahal kita terhubung ke internet?
Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul

Penyebab Pemberitahuan LINE Tidak Muncul dan Tidak Bunyi

Dalam banyak kasus terkait dengan notifikasi line tidak muncul di Android biasanya terjadi karena beberapa alasan. Misalnya banyaknya cache didalam smartphone, banyak aplikasi yang berjalan pada latar sehingga mengambil banyak penggunaan memori RAM, aplikasi perlu di update hingga kerusakan pada apikasi itu sendiri. Untuk memperbaiki pemberitahuan line yang tidak muncul, Anda bisa mengikuti beberapa solusi berikut ini.

Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul dan Tidak Bunyi

Setiap pengguna pastinya menggunakan smartphone Android yang berbeda-beda. Entah itu dari ASUS, Sony Xperia, Xiaomi, Samsung Galaxy, Oppo, Smartfren Andromax, LG, Advan, Lenovo dan yang lainnya, tidak menutup kemungkinan mengalami masalah tersebut. 
1. Bersihkan History dan Cache di Smartphone.
Solusi dasar pertama yang bsia Anda lakukan adalah dengan membersihkan riwayat dan cache didalam smartphone. Gunakan aplikasi Clean Master agar berbagai file sampah yang sudah expired terhapus.
2. Pastikan Fitur Pemberitahuan Aktif.
Sudah tentu, jika fitur notifikasi tidak diaktifkan sampai kapan pun pemberitahuan LINE tidak akan muncul dan berbunyi. Hanya untuk memastikan saja, periksa pengaturan Pemberitahuan yang ada diaplikasi LINE lalu aktifkan. Serta masuk ke Pengaturan smartphone » Manager Aplikasi » Line kemudian centang “Tampilkan notifikasi”.
3. Perbesar Volume Notifikasi Dari Pengaturan.
Smartphone Android memiliki fitur untuk mengganti mode atau profil yang bisa diaktifkan pada saat-saat tertentu seperti “mode diam“, mode getar”, “mode umum” dan “mode jangan diganggu”. Apa yang harus Anda lakukan adalah memperbesar suara notifikasi yang terdapat pada Pengaturan » Suara & Notifikasi kemudian geserkan panel hingga bunyi notifikasi terdengar.
4. Update Aplikasi LINE.
Jika ternyata fitur  notifikasi sudah aktif, perbaruilah apliksi LINE yang saat ini terpasang. Karena salah satu penyebab notifikasi line tidak muncul bisa terjadi karena adanya update server tetapi Anda masih menggunakan aplikasi versi lama. Caranya buka aplikasi Play store cari LINE dan tap tombol Update.
Baca juga :
5.Paksa Berhenti dan Hapus Data.
Notifikasi Line Tidak Berbunyi
Tujuan dari solusi keempat ini adalah untuk memaksa aplikasi LINE berhenti berjalan dari latar kemudian kita membersihkan data-data yang tersimpan. Tapi dengan melakukan ini maka kita pun akan log out dari aplikasi LINE. Jadi pastikan Anda ingat ID dan Password dari akun Anda. Caranya tap Pengaturan » Manajer aplikasi » Line kemudian tap tombol “Paksa Berhenti” dan tombol “Hapus Data”.
6. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD.
Dimulai dari sistem operasi Android Kitkat keatas, pengguna sudah tidak perlu lagi melakukan root ketika ingin memindahkan aplikasi  ke kartu memori. Anda bisa memindahkan instalasi ke microSD agar memori internal Anda menjadi lebih lega dan membuat ram smartphone tidak terlalu berat pada saat pemuatan push notification dari aplikasi line.
7. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda melakukan langkah diatas, matikan smartphone Android kemudian lepaskan baterai, kartu memori dan microSD. Biarkan terlepas selama beberapa menit kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari melakukan ini adalah untuk memuat kembali sistem Android pada saat melakukan reboot.

Dengan mengikuti solusi Cara Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Bunyi dan Tidak Muncul seperti yang telah jelaskan diatas, maka aplikasi line pun akan kembali normal. Sehingga fitur push notification ini pun akan berjalan secara real time dan tidak mengirim pemberitahuan telat. Jika Anda masih memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: