search-button

Oct 12, 2016

3 Cara Membuat Folder Album Baru di Galeri Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips Cara Membuat Folder Album Baru di Galeri Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini. Mengoleksi banyak file media seperti gambar, foto dan video merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih saat ini para pengguna smartphone Android menggunakan eksternal memori dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan banyak file didalamnya.

Bagi para pengguna pemula smartphone Android, cara membuat folder album baru agar muncul di galeri Android mungkin akan sedikit membuat mereka sulit. Terlebih  jika merk smartphone dan  tingkatan sistem operasi yang digunakan berbeda. Anda akan menemui perbedaan saat membuat folder baru di Android Lollipop dan Android Nougat. Meskipun perbedaaannya tidak cukup jauh.
Cara Membuat Folder Album Baru Android

Cara Membuat Folder Baru di Galeri Android

Tujuan dari membuat folder baru didalam galeri Android adalah untuk memenej koleksi foto dan video agar terlihat lebih rapi. Misalnya Anda memiliki banyak koleksi foto saat liburan di berbagai tempat, maka dengan membuat folder baru dengan nama yang sesuai lokasi akan lebih mudah lagi untuk mencarinya di kemudian hari. Apapun merk smartphone dan OS yang saat ini Anda gunakan, entah itu dari Samsung galaxy, Oppo, Xiaomi, ASUS Zenfone, Google Pixel, Sony dan yang lainnya bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Membuat Folder Album Baru di Aplikasi Galeri Bawaan

Setiap smartphone Android pastinya dibekali dengan aplikasi galeri bawaan. Disini saya mencontohkan dengan membuatnya melalui smartphone Samsung. Caranya :
  1. Buka aplikasi galeri
  2. Tap icon "+Folder" disudut atas
  3. Beri nama folder
  4. Terakhir seret foto yang ingin dipindahkan ke album baru tersebut.

2. Membuat Folder Album Baru di Memori Eksternal Melalui File manager

Cara membuat Album Baru di Galeri Android
Jika Anda ingin membuat folder baru untuk menyimpan foto agar ia langsung tersimpan di MicroSD, caranya adalah dengan menggunakan file manager. Tapi beberapa pengguna akan menghadapi sedikit kesulitan yakni foto yang telah dipindahkan ke folder baru tidak muncul di galeri. Maka dari itu, saya juga akan menunjukkan cara mengatasinya.
  1. Buka aplikasi File Manager atau My Files
  2. Tap SD Card atau nama MicroSD Anda
  3. Selanjutnya tap option disudut atas kemudian pilih “Create folder”
  4. Beri nama folder tersebut misalnya “Liburan di Tokyo”
  5. Setelah Folder tersebut tersimpan, sekarang cari foto saat liburan di tokyo kemudian pindahkan kesana dengan cara menekannya satu persatu
  6. Kemudian tap option “Move” lalu pilih folder “Liburan di Tokyo”
  7. Setelah semuanya Anda pindahkan, sekarang buka aplikasi galeri
  8. Jika album baru tersebut tidak muncul di galeri, restart smartphone Anda.
Baca juga :

3. Cara Membuat Folder Album di Galeri Menggunakan Quicpic

Cara Membuat Folder Foto di Galeri Android
Quickpic adalah aplikasi galeri Android paling ringan yang memiliki banyak fitur dan kemampuan. Aplikasi ini dapat memindai semua file media seperi foto dan video dengan cepat. Termasuk bisa untuk membuat dan memindahkan foto ke folder baru. Jika Anda adalah pengguna smartphone Oppo, maka gunakan lah aplikasi ini agar lebih mudah mengatur foto Anda.
  1. Pasang aplikasi galeri Quicpic melalui artikel review ini 5 Aplikasi Gallery Android Terbaik Paling Ringan.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih tombol Option disudut atas.
  3. Tap Add » New kemudian beri nama folder tersebut.
  4. Terakhir pindahkan foto dan video Anda.
  5. Aplikasi ini akan langsung menampilkan foto-foto tersebut.

Kesimpulannya, Cara Membuat Folder Album Baru di Galeri Android sangatlah mudah dengan mengikuti beberapa langkah diatas. Setelah Anda membuatnya maka bisa memindahkan foto dan video ke folder baru agar koleksi Anda bisa disesuaikan menurut keinginan sendiri.
Baca juga :