search-button

Sep 29, 2016

5 Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android dengan trik memperkecil ukurannya. Tak sedikit para pengguna smartphone Android yang mengalami masalah saat ingin menonton film dan video yakni video yang diputar tidak bisa berjalan dengan lancar. Seperti macet, lag, tidak mengeluarkan suara bahkan membuat smartphone itu sendiri merestart dengan sendirinya. Permasalahan seperti itu tentu saja menimbulkan pertanyaan. Apa penyebab video-patah patah di Android?

Cara mengatasi video yang macet di android bisa dilakukan jika kita mengetahui terlebih dahalu penyebabnya. Beberapa kemungkinan yang mengakibatkan video tidak bisa diputar adalah karena ukuran video tersebut sangat tinggi. Bukan ukuran byte-nya, melainkan ukuran resolusi layar video tersebut melebihi kemampuan dari spec layar smartphone Anda. Seprti HD, Ultra HD bahkan 4K. Lalu bagaimana cara mengatasi video lag di android ini?

Cara Mengatasi Video Patah-patah di Android

Penyebab Video Patah-patah dan Macet di Android

Penyebab lain yang mungkin terjadi bisa terdapat pada fomat video yang ingin kita tonton. Pastinya Anda sudah mengetahui jika video bisa memiliki berbagai jenis format yang berbeda seperti MP4, AVI, Mpeg dan lain-lain. Sementara aplikasi video player yang Anda gunakan tidak bisa membaca semua jenis format. Yang akhirnya saat diputar akan muncul error “Can’t play video”, "Sorry, this video cannot be played" atau “Tidak bisa diputar”.

Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android

Cara Mengatasi Video Macet di Android

Untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar yang akhirnya macet dan patah-patah, Anda bisa mengikuti beberapa solusi berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Video Player yang Mendukung.
Sebelum Anda melakukan hal apapun terhadap video, pasanglah aplikasi pemutar video yang mendukung terhadap format video yang akan Anda tonton. Sebagai rekomendasi, saya menyarankan aplikasi MX Player.
2. Ubah Format Video.
Seberapa besar ukuran video Anda? Ubahlah format video tersebut jika masih patah-patah saat diputar. Jika Anda ingin memutar video dengan resolusi tinggi seperti 4K tetapi spec smartphone tidak mendukung, ubahlah agar resolusinya kecil. Langkah ini akan menjadi salah satu cara mengatasi video lag di android.
3. Hapus Cache Smartphone.
Membersihkan file sampah dan riwayat akan membuat smartphone kembali bersih dari file-file yang sudah kadaluarsa termasuk yang membuat video menjadi macet saat diputar. Gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master.
4. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda membersihkan cache, matikan perangkat Android kemudian lepaskan baterai. Tunggu selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
5. Gunakan MicroSD Class 10.
Sebagai contoh, jika Anda ingin memutar video yang telah direkam menggunakan action cam seperti GoPro atau kamera DSLR, gunakanlah kartu microSD class sepuluh yang mempunyai kecepatan transfer tinggi. Hal ini juga bisa menjadi penyebab video patah-patah saat diputar di smartphone.

Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android bisa dengan mengikuti solusi diatas. Cara yang paling efektif dan sering saya lakukan ketika hal ini terjadi adalah dengan merubah format dan resolusinya. Tetapi, jika ukurannya besar maka prosesnya pun cukup lama.
Baca juga: