search-button

Sep 14, 2016

5 Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi bisa dilakukan dengan tips berikut ini. Fitur auto rotate yang ada di smartphone memang memiliki banyak kegunaan. Fitur ini akan menampilkan layar portrait dan lanscape secara otomatis ketika kita mengaktifknannya. Ia pun akan bekerja seperti pada saat kita bermain game, memfoto, mengetik dokumen di aplikasi office dan lainnya. Tapi bagaimana jika Android tidak bisa merotasi layar?

Pada dasarnya, fitur rotasi layar ini menggunakan sensor accelerometer untuk mengetahui gerakan tangan yang dilakukan oleh pengguna saat membalikkan smartphone. Sensor ini akan terus bekerja meskipun kita tidak mengaktifkannya. Pada saat auto rotate Android tidak berfungsi, maka tampilan pun tidak akan berpindah dari mode portrait ke mode landscape sehingga menyulitkan kita untuk melakukan tasking.

Auto Rotate Android Tidak Berfungsi

Penyebab Auto Rotate Android Tidak Berfungsi

Penyebab Android tidak bisa merotasi layar bisa terjadi karena beberapa alasan. Diantaranya karena kita telah memasang cutom ROM yang tidak kompatibel dengan spec smartphone, melakukan root hingga kerusakan pada sensor accelerometer ini sendiri. Lalu bagaimana cara memperbaiki rotasi layar Android tidak berfungis ini?

Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

Jenis error yang bisa terjadi pun bisa beragam, diantaranya fitur auto rotate layar Android sering aktif sendiri atau pun sebaliknya ia tidak bisa diaktifkan. Jadi pada penjelasan ini saya tidak hanya akan memberikan solusi mengatasi auto rotate Android tidak berfungsi saja, melainkan kemungkinan eror lain yang terjadi pun bisa diatasi. Pastikan Anda telah mengaktifkan rotasi layar dari pengaturan atau dari panel jalan pintas pada bar.
Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi

1. Test Sensor Accelerometer.
Pada setiap merk smartphone entah itu dari Samsung galaxy, Lenovo, Xiaomi, Smartfren Andromax, Oppo, ASUS, Sony Xperia, Nexus, Vivo, Advan dan yang lainnya biasanya memiliki kode rahasia untuk menguji sensor accelerometer. Contohnya pada samsung galaxy menggunakan kode *#0#*, selanjutnya tap tombol Sensor dan pilih accelerometer kemudian lihat apakah ada pergerakan atau tidak.
Baca juga :
2. Bersihkan Cache Smartphone.
Setelah Anda menguji Sensor Accelerometer, sekarang bersihkan cache dan history tasking yang sudah dilakukan di smartphone. Tujuan dari ini adalah untuk membersihkan Android dari file sampah yang mungkin menjadi penyebab rotasi layar tidak berfungsi. Caranya Anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master.
3. Matikan Smartphone dan Reboot.
Matikan Android Anda kemudian lepaskan kartu sim, baterai dan microSD. Lalu biarkan terlepas selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari cara ini adalah untuk memuat ulang kembali sistem Android pada saat reboot.
4. Gunakan Aplikasi.
Ultimate Rotation Control adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memaksa layar Android berotasi ketika mengalami error. Artinya, kita bisa memaksa smartphone untuk menampilkan rotasi secara otomastis atau bahkan memaksa hanya pada satu mode lanscape dan portrait. Pasang dari play store.
5. Factory Reset.
Cara terakhir untuk mengatasi auto rotate Android tidak berfungsi adalah dengan melakukan factory reset. Tujuannya adalah untuk mengembalikan sistem dan pengaturan seperti saat Anda pertama kali baru membeli smartphone tersebut. Manfaat dari factory reset ini akan memperbaiki sensor accelerometer yang telah mengalami kerusakan sistem dan error.

Kesimpulannya, pastikan Anda mengaktifkan fitur auto rotate dan menguji sensor accelerometer untuk mengetahui apakah ia masih bekerja atau tidak. Jika Ada telah menerapkan Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi diatas tetapi masih tetap tidak bergerak. Anda bisa memperbaikinya ke service center.
Baca juga :