search-button

Sep 10, 2019

Cara Menampilkan Jam di Layar Depan Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menampilkan jam di layar depan Android pada umumnya bisa dilakukan dengan menambahkan widget jam ke home screen Android. Fitur widget pada smartphone sangat dibutuhkan oleh pengguna untuk mempermudah berbagai tasking yang dilakukan. Misalnya menampilkan jam di layar depan, widget cuaca, widget Google Now, bookmarks, Google Apps, video dan lain sebagainya.

Setiap smartphone Android baik itu dari merk Samsung Galaxy, Sony, ASUS, Oppo, Smartfren Andromax dan Xiaomi akan dibekali oleh fitur widget ini. Meskipun nama dan tampilan stock ROM dari setiap merk ini berbeda, tapi pengguna bisa dengan mudah menampilkan jam di layar depan Android. Sebagian pengguna mungkin lebih menyukai widget bawaan disamping sudah banyaknya aplikasi yang dapat mengkostumisasi tampilan widget di home screen ini. Lalu bagaimana cara menampilkan jam di layar depan Android itu sendiri?

Cara Menampilkan Jam di Layar Depan Android

Cara Menampilkan Jam di Layar Depan Android


Tampilan widget jam di home screen Android berbeda dengan jam yang tampil pada area notification bar. Meskipun keduanya sama-sama menunjukkan waktu yang tepat berdasarkan waktu yang telah Anda tetapkan, tetapi tampilan jam di layar Android bentuknya lebih besar dan mempunyai dua pilihan yaitu tampilan jam digital dan jam analog yang lokasinya berada didepan wallpaper yang sedang Anda gunakan. Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menambah widget jam ke layar depan di Samsung Galaxy.
  1. Masuk ke tampilan Home Screen kemudian tekan selama 3 detik atau gunakan dua jari hingga muncul pilihan Wallpapers dan Widget.
  2. Selanjutnya tap Widgets kemudian cari nama “Digital Clock” atau “Jam Digital”.
  3. Jika sudah ditemukan, tekan widget digital clock tersebut hingga muncul tampilan home screen kemudian lepaskan.
  4. Maka, jam pun sudah tampil di layar depan Android.

Kesimpulannya, cara menampilkan jam di layar depan Android adalah dengan menekan tampilan home screen selama beberapa detik untuk menampilkan opsi menambah widget. Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga karena fitur ini sudah tersedia dengan tampilan yang bersih dan bagus.
Baca juga: