search-button

Sep 10, 2019

Cara Menjadikan Android Sebagai Mouse Bluetooth

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Banyak hal unik untuk membantu kegiatan harian kita menggunakan smartphone Android, salah satunya adalah dengan cara menjadikan Android sebagai mouse bluetooth untuk pc dan laptop. Ketika kita sedang menghadapi situasi yang darurat atau mouse sedang dalam keadaan rusak, maka kita bisa dengan mudah menggunakan trik ini.

Konekvitas yang dimiliki oleh Android tak hanya pada akses internet saja. Namun ia pun sudah dibekali dengan fitur wi-fi dan bluetooth. Jika biasanya bluetooth ini Anda gunakan untuk mengirim file atau mendengarkan musik via headset, tidak menutup kemungkinan pula kita bisa menjadikan Android sebagai mouse bluetooth. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Android Jadi Mouse Bluetooth

Menjadikan HP Android Sebagai Mouse via Bluetooth

Bluetooth Remote PC adalah aplikasi remote serbaguna yang dapat kita gunakan untuk mengontrol pc atau laptop dari jarak tertentu menggunakan bluetooth. Pada dasarnya, kita hanya perlu memasang aplikasinya di Smartphone kemudian memasang server penerima di PC. Setelah itu pengguna bisa menyambungkannya melalui koneksi bluetooth untuk mengontrool file multimedia seperti musik, presentasi, system power, keyboard hingga menjadikan Android sebagai mouse bluetooth.
  1. Pasang aplikasi Bluetooth Remote PC dari Play store.
  2. Selanjutnya, pasang server di PC atau Laptop yang link-nya tersedia dibagain deskripsi aplikasi bluetooth remote tersebut.
  3. Jika aplikasi sudah terpasang dan server sudah didownload, sekarang hidupkan bluetooth di PC atau laptop.
  4. Ekstrak server hasil download kemudian buka file Remote PC Server.jar
  5. Selanjutnya, aktifkan bluetooth di smartphone dan biarkan ia mencari nama bluetooth PC Anda.
  6. Setelah ditemukan, pairing kedua perangkat tersebut.
  7. Sekarang, buka aplikasi Bluetooth Remote PC di Android dan mulailah untuk menjadikan Android sebagai mouse melalui bluetooth.

Kesimpulannya, salah satu trik yang bisa kita lakukan ketika mouse rusak dan belum sempat membeli yang baru adalah dengan cara membuat android menjadi mouse bluetooth menggunakan aplikasi tersebut. Anda hanya perlu memasang server di laptop dan aplikasinya di smartphone kemudian lakukan pairing.
Baca juga: