search-button

Oct 8, 2016

3 Cara Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan saat akan membeli hp Android bekas. Terlepas dari merk atau seri smartphone yang ingin dibeli, Anda harus tahu cara cek Android bekas masih bagus atau tidak agar nantinya tidak ada yang merasa rugi disalah satu pihak. Terlebih jika perangkat yang ditawarkan adalah smartphone High-end atau Flagship tetapi harganya sangat miring, Anda patut memeriksanya lebih teliti lagi.

Standar pengecekan umum yang biasa dilakukan oleh calon pembeli adalah memeriksa kelengkapan surat, aksesoris hingga kartu garansi. Disisi lain, kondisi fisik dari smartphone bekas itu sendiri perlu diperhatikan. Apakah terdapat dent pada bezel? Apakah terdapat goresan pada layar? Hingga suara yang dikeluarkan harus masih bagus. Jika semua hal tersebut sudah diperiksa, lalu bagaimana lagi cara cek hp android bekas masih bagus atau tidak?

Cara Cek HP Android Bekas

Tips Cara Memeriksa Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

Sebelum Anda membeli hp Android bekas, pastikan Anda sudah mengetahui spesifikasi smartphone yang akan Anda beli. Ini adalah hal yang sangat penting, karena kebanyakan calon pembeli mengetahui spesifikasinya langsung dari penjual bukan didapat dari informasi lain. Lakukan browsing terlebih dahulu selama 5 menit untuk membaca spesifikasi lengkap hingga tahun pembuataanya. Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini untuk cek hp Android bekas masih bagus atau tidaknya.

1. Cek Android Bekas Menggunakan Kode Rahasia.
Setiap merk smartphone Android, akan dibekali dengan kode rahasia. Kode ini bisa bersifat umum maupun kode khusus dari merk atau seri yang akan Anda beli. Misalnya, kode khusus untuk memeriksa smartphone Samsung Galaxy adalah *#0*#, Xiaomi Mi *#*#64663#*#*, ASUS Zenfone *#*#4636#*#*, Oppo *#801#, yang nantinya akan muncul tombol untuk test sensor, speaker, camera, touchsceen, getar dan lain-lain.

2. Cek Kecepatan Booting Android.
Salah satu trik untuk memeriksa performa dan kecepatan Android masih bagus atau tidak adalah dengan melakukan boot secara manual. Matikan hp Android bekas kemudian lepas baterai dan microSD selama beberapa detik. Selanjuntnya pasangkan kembali dan tekan tombol power untuk menghidupkannya. Hitung, berapa detik Android tersebut melakukan booting terhadap ROM hingga menampilkan layar home screen.

3. Cek Android Bekas Menggunakan Aplikasi.
Untuk tujuan apa hp Android bekas tersebut akan Anda beli? Apakah untuk penggunaan biasa atau untuk mobile gaming? Gunakan aplikasi AnTuTu Benchmark di smartphone bekas tersebut kemudian lakukan test terkait spek seperti 3D, UX, CPU, RAM dan lain-lain. Pasang dari Play store.

Kesimpulannya, terlepas dari memeriksa kodisi fisik ada hal penting lain yang harus Anda perhatikan yaitu kecepatan dan performa. Dengan beberapa tips cara cek hp android bekas diatas, Anda dapat melihat hasilnya apakah masih bagus atau tidak. Selanjutnya, silahkan lakukan tawar menawar.
Baca juga: