search-button

May 28, 2016

Cara Mengunci Focus Kamera Android Saat Merekam

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara mengunci focus kamera Android saat merekam video, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Smartphone yang dibekali dengan fitur autofocus, bisa menjadi suatu kelebihan tersendiri. Kita sebagai pengguna, bisa mengambil foto dan video dengan hasil yang lebih baik. Tetapi tak jarang, ketika kita sedang merekam video, fitur autofocus ini sering kabur sehingga tidak focus pada objek yang kita inginkan.

Misalnya saja ketika kita ingin kamera fokus pada sebuah objek yang berada didepan, ternyata malah fokus pada background dengan sendirinya. Hal ini pun sering saya alami terutama saat merekam video baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu trik yang sering saya lakukan adalah dengan cara mengunci focus kamera Android.

Cara Menonaktifkkan Autofokus Kamera

Cara Mengunci Focus Kamera Android Saat Merekam Video


Dalam proses merekam video menggunakan smartphone Android, kita bisa memasang aplikasi kamera pihak ketiga agar fitur dan tool yang dimilikinya lebih mumpuni. Tujuan dari merekam video dengan fitur focus, adalah untuk menghasilkan video yang cinematic melaui proses editing yang juga bisa dilakukan di smartphone. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan smartphone samsung galaxy grand prime plus dan akan menjelaskan cara mengunci atau menonaktifkan auto focus kamera agar hanya focus ke satu objek saja.
  1. Download aplikasi Open Camera dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian beralih ke mode merekam video.
  3. Tap tombol bulat putih disudut atas untuk menampilkan opsi.
  4. Selanjutnya pilih icon kunci gembok hingga muncul keterangan “Focus locked” pada tampilan layar.
  5. Terakhir tap sebuah objek pada layar kemudian mulailah merekam.

Kesimpulannya, didalam aplikasi kamera bawaan smartphone biasanya sudah terdapat opsi focus yang bisa kita atur secara manual. Tetapi tak jarang, meskipun sudah kita atur, focus tersebut tetap saja berpindah objek. Dengan menggunkan aplikasi Open Camera, maka Anda bisa mengunci fokus kamera smartphone saat merekam video dengan mudah.
Baca juga: