search-button

Feb 2, 2017

2 Cara Mengubah Default Aplikasi Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mengubah default aplikasi di Android bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah yang sangat mudah. Bagi seorang pemula, memahami preferensi dan pengaturan smartphone bersistem operasi Android akan sedikit bingung dengan keterangan yang sering muncul ketika ingin melakukan tindakan tertentu.Salah satunya sering muncul keterangan untuk memilih aplikasi default dengan memberikan dua opsi yakni ingin menggunakannya “Selalu” atau “Hanya Sekali” yang muncul pada layar.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengganti aplikasi default Android? Sebagai contoh, setiap smartphone Android sudah dibekali dengan aplikasi browser google chrome. Tetapi tak jarang kita akan memasang aplikasi browser dari pihak ketiga agar bisa berselancar lebih cepat seperti Firefox. Nah, ketika kita ingin membuka link, maka Android akan meminta kita memilih aplikasi manakah yang ingin dijadikan sebagai browser default karena ia telah mendeteksi 2 aplikasi browser dengan tujuan yang sama.

Cara Mengubah Aplikasi Default Android

Cara Mengubah Pengaturan Default Aplikasi di Smartphone Android


Sebenarnya tak hanya pada browser saja. Hal ini pun akan terjadi ketika kita memasang aplikasi untuk tujuan yang sama seperti untuk membuka foto, video, file manager, kamera bahkan aplikasi edit foto sekalipun. Bagi Anda yang sudah terlanjur memilih dan ingin tahu bagaimana cara menghapus default di android, berikut saya berikan dua opsi untuk melakukannya.

  1. 1. Mengganti Aplikasi Default Android Secara Individual.
    Untuk cara pertama ini, kita bisa mengembalikan ulang secara individual dari kategori aplikasi itu sendiri. Yang artinya Anda dapat memilih untuk mengubah default aplikasi browser, galeri atau kamera satu persatu-satu. Sebagai contoh saya ingin menghapus browser Firefox agar tidak otomatis terbuka ketika ingin membuka link. Caranya tap Pengaturan » Aplikasi » kemudian pilih Firefox. Setelah muncul tampilan Info apl, gulirkan kebawah kemudian tap tombol “Hapus Default”.
  2. Reset Semua Default Aplikasi Android.
    Untuk cara kedua ini, Anda bisa mengembalikan ke semua pengaturan default aplikasi di Android. Jadi tak hanya satu kategori aplikasi saja yang akan dikembalikan. Caranya tap Pengaturan » Aplikasi kemudian tap icon tiga titik disudut atas lalu tap “Setel Ulang Preferensi Aplikasi”.

Kesimpulannya, untuk mengganti atau mengubah aplikasi default di Android kita bisa memilih dua opsi. Yakni aplikasi berdasarkan kategori atau meresetnya secara keseluruhan agar semua aplikasi default kembali ke pengaturan awal.
Baca juga: