search-button

Nov 5, 2016

Cara Membuat Grup Chat di Aplikasi Spaces Google

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Google meluncurkan sebuah layanan baru yang bernama Spaces pada tanggal 16 Mei 2016. Sebuah layanan group sharing untuk mempermudah bagi suatu kelompok kecil berkumpul dan membicarakan topik tertentu. Spaces tersedia dalam aplikasi Android, iOS dan laman Web secara langsung. Untuk pengguna smartphone, Anda dapat memasang aplikasinya kemudian membuat grup chat di Aplikasi spaces.

Aplikasi Spaces untuk Android ini bisa dibilang cukup menarik. Sebagai pengguna kita dapat membuat sebuah grup untuk membicarakan topik tertentu. Contohnya saja jika Anda menyukai tentang Android OS, maka Anda dapat membuat grup chat di Aplikasi spaces kemudian mengundang orang kedalamnya dan membicarakan tentang topik ini. Lalu apa hanya untuk tujuan itu saja?

Cara Menggunakan Aplikasi Spaces Google

Cara Menggunakan Aplikasi Spaces di Android Untuk Grup Chat

Didalam grup chat Aplikasi Spaces, sesama anggota tak hanya sekedar chatting saja. Kita dapat berbagi informasi dan referensi yang bisa didapatkan langsung melalui fitur yang ada didalamnya seperti Google Search, Youtube, memposting gambar dan membuat tulisan pos. Bayangkan ketika Anda membuat sebuah grup di aplikasi BBM, ketika ingin memberi referensi link, kita harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu kemudian melakukan copy dan kembali lagi membuka BBM untuk mem-paste-kannya. Sangat ribet bukan?
  1. Download aplikasi Spaces di Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian log in menggunakan akun Google Anda.
  3. Setelah masuk, tap tombol “Buat space”.
  4. Setelah space berhasil dibuat, grup chat Anda tersebut akan bernama “Space Tanpa Nama” yang artinya kita harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan merubah nama space dan mengganti cover space.
  5. Caranya tap icon Setting disudut kanan atas kemudian tap “Edit nama space” untuk memberi nama baru misalnya “HEYRIADCOM”.
  6. Selanjutnya, tap “Sesuaikan space” untuk mengganti warna cover dengan cara di swipe atau menambahkan gambar dari dalam galeri Android.
  7. Setelah berhasil mengganti nama space dan merubah cover, saatnya mengundang teman, keluarga atau orang yang satu hobi dengan cara tap pada tombol “Undang Melalui”.

  8. Membuat Grup Chat di Aplikasi Spaces
  9. Undangan tersebut berupa sebuah tautan yang dapat kita bagikan langsung ke aplikasi lain seperti BBM, LINE, Whatsapp atau email.
  10. Ketika teman Anda menuju ke link grup chat space tersebut, maka ia diharuskan untuk log in terlebih dahulu ke akun Google.
  11. Setelah anggota grup space Anda berkumpul, Anda bisa memulai obrolan dengan membuat topik terlebih dahulu baik menggunakan tautan web, video youtube, gambar maupun sebuah tulisan post. Nah, jika topik telah dibuat barulah kita dapat chatting untuk bertukar informasi mengenai topik tersebut.

Kesimpulannya, cara membuat grup chat di aplikasi Spaces bisa mengikuti langkah ditas. Grup space yang berhasil dibuat bisa kita sesuaikan sendiri mulai dari nama dan cover warnanya. Setelah itu undang teman dengan masuk ke akun google dan buatlah topik untuk memulai obrolan.
Baca juga: