search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Mematikan Autocorrect di Android TERBARU

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara menghilangkan auto correct di Android saat sedang mengetik sebenarnya sangat myudah dilakukan. Tetapi bagi pengguna baru smartphone Android, memang akan membuatnya sedikit bingung terutama dengan setting bahasa English yang telah dipilih. Saat pertama kali kita mengaktifkan Android yang baru saja dibeli, fitur auto correct ini akan langsung aktif dan menampilkan berbagai koreksi dan prediksi teks.

Fitur auot correct ini pada dasarnya akan menampilkan berbagai kata yang sedang kita ketik dibagian atas keyboard. Jika ternyata kita mengetik sebuah kata yang tidak baku, maka kita akan diberi koreksi kata yang benar. Bagi saya sendiri, fitur auto correct atau sebagian pengguna menyebutnya dengan istilah auto text cukup mengganggu terutama pada layar smartphone Android yang berukuran kecil. Nah bagi Anda yang ingin menghilangkan auto text di keyboard Android pada saat mengetik, berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Cara Menghilangkan Autocorrect Keyboard Android

Sebagian smartphone seperti pada Android Lollipop 5.0.2, aplikasi Google Keyboard menjadi aplikasi keyboard pihak ketiga yang telah terpasang. Tetapi sebagian lagi seperti pada Smartphone Samsung dengan Android Lollipop 5.1.1, mereka dibekali dengan aplikasi Samsung Keyboard (Android Keyboard AOSP) saja. Jadi, saya akan menunjukkan cara menonaktifkkan auto correct di Google keyboard dan Keyboard bawaan.

Cara Menghilangkan Autotext Android
1. Cara Menghilangakan Auto Correct di Keyboard Android Bawan (AOSP).
Untuk Anda yang menggunakan Android keyboard (AOSP), caranya sebagai berikut:
  • Tap Pengaturan » Bahasa & masukan » Keyboard Android (AOSP).
  • Pada tampilan “Setelan Keyboard Android”, tap “Koreksi Teks”.
  • Selanjutnya tap “Koreksi Otomatis”, kemudian pilih "Mati".

Cara Menghilangkan Auto Correct
2. Cara Mematikan Auto Correct di Google Keyboard Android.
Bagi Anda yang saat ini sedang menggunakan aplikasi google keyboard, bisa mengikuti langkash berikut ini:
  • Tap Setting » Language and input » Google Keyboard.
  • Pada tampilan Google Keyboard settings, tap Text correction.
  • Selanjutnya, tap “Show correction suggestions” dan “Auto-correction” agar tidak aktif.

Kesimpulannya, cara menghilangkan auto correct di android bisa dilakukan pada setiap merk smartphone seperti dari Samsung, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Sony Experia dan yang lainnya. Pengguna bisa menghilangkan autotext pada keyboard Android bawaan (AOSP) dan aplikasi Google keyboard agar tidak terganggu dengan tampilan koreksi teks yang muncul.
Baca juga: