search-button

Oct 4, 2016

Cara Backup Foto Instagram Otomatis ke Dropbox

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara backup foto Instagram di Android ke layanan cloud storage Dropbox sebenarnya sangat mudah. Para pengguna Instagram pasti sudah mengetahui fitur backup offline ke smartphone. Artinya, setiap kali kita mengunggah foto dan video maka akan tersimpan juga secara otomatis kedalam folder didalam galeri yang dinamakan “Instagram”. Fitur ini bisa diaktifkan didalam pengaturan aplikasi Instagram itu sendiri.

Tapi bagaimana cara backup foto Instagram secara otomatis ke Dropbox? Bagi Anda yang belum mengetahui jelas apa itu fungsi dan manfaat Dropbox jika dikaitkan dengan akun Instagram akan saya jelaskan secara singkat. Dropbox adalah layanan penyimpanan virtual dimana pengguna dapat mengakses file yang telah disimpan melalui PC, Tablet, iPhone dan Android. Secara sederhana, ketika kita backup foto Instagram kedalam Dropbox, kita telah menyimpannya secara online dan tidak akan khawatir apabila foto Instagram didalam galeri tiba-tiba hilang.

Cara Backup Foto Instagram

Cara Backup Foto Instagram ke Dropbox di Android

IF by IFTTT adalah aplikasi favorit yang sudah lama saya gunakan untuk melakukan automatisasi semua tasking yang saya lakukan di Smartphone. Aplikasi ini akan melakukan perintah ketika kita telah melakukan sesuatu  yang dinamakan dengan Recipe. Sebagai contoh, ketika saya telah upload foto ke akun Instaram, maka aplikasi ini akan membackup nya secara otomastis ke akun Dropbox tanpa dilakukan secara manual. Tetapi sebelum maju ke langkah yang akan saya tunjukkan, pastikan Anda telah memiliki akun Dropbox terlebih dahulu.
  1. Pasang aplikasi IF by IFTTT dari Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian buatlah Akun IFTTT.
  3. Tap pengaturan disudut atas kemudian tap Channels.
  4. Disini kita harus menghubungkan akun Instagram dan Dropbox  ke IFTT.
  5. Tap Instagram kemudian tap tombol Connect dan log in.
  6. Tap Dropbox kemudian lakukan log in yang sama.
  7. Setelah Anda berhasil menghubungkan akun Instagram dan Dropbox ke IFTTT, sekarang saatnya membuat Recipe agar setiap kali Anda upload ke Instagram maka akan langsung disimpan otomatis ke Dropbox.
  8. Untuk melakukannya, tap ikon recipe kemudian tap icon Instagram.
  9. Disini akan langsung diberikan saran recipe yang telah dibuat oleh pengguna lain agar Anda tidak perlu repot lagi membuat recipe.
  10. Pilih “Save your Instagram photos to Dropbox”.
  11. Terakhir tap tombol Add.
  12. Sekarang coba Anda upload foto ke Instagram maka akan secara otomatis tersimpan juga ke akun dropbox.

Kesimpulannya, cara backup foto Instagram ke Dropbox di Android bisa dilakukan menggunakan aplikasi IF by IFTTT. Dan menurut saya, aplikasi ini dalah salah satu yang wajib terpasang di Android terutama bagi Anda yang selalu sibuk setiap harinya.
Baca juga: