search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Beberapa pengguna mungkin akan mengalami masalah kenapa aplikasi android tidak bisa diperbarui di smartphone mereka. Padahal, menggunakan aplikasi yang selalu up-to-date dapat meningkatkan keamanan dan menambah kemampuan serta kinerja dari aplikasi tersebut. Tak hanya itu saja, dalam sebuah aplikasi yang telah di update, biasanya pun akan hadir fitur terbaru.

Penyebab aplikasi Android tidak bisa diperbarui akan berbeda antara Anda dan pengguna yang lain. Namun secara umum, hal ini terjadi karena koneksi data yang lambat, tidak cukup ruang yang tersedia atau banyaknya cache yang tidak pernah dibersihkan di aplikasi yang akan Anda perbarui. Sehingga ia hanya sekedar memberikan pemberitahuan tentang update tetapi  tidak bisa melakukannya. Simak solusinya berikut ini.

Tidak Bisa Memperbarui Aplikasi di Play Store

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update di Play Store

Sebagai contoh adalah aplikasi Video Show. Anda sebagai pengguna, biasanya akan membandingkan aplikasi ini dengan teman yang juga memakainya. Tak jarang teman Anda  akan berkata bahwa fitur edit video 4k akhirnya ada didalam aplikasi ini. Tetapi kenapa Anda tidak bisa memakai fitur tersebut? Tentu saja karena faktor dari spesifikasi smartphone Anda dengan milik teman berbeda. Dan tingkatan sistem operasi Android yang terpasang pun akan berpengaruh agar bisa memperbarui aplikasi video show tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa diperbarui jika smartphone dan Android OS nya sendiri sama?

  1. Bersihkan Cache dan Data dari Aplikasi Play Store. Pada saat Anda membuka play store dan menuju ke My Apps & Games, disana akan ditampilkan aplikasi yang tersedia untuk di update. Jika ternyata aplikasi tersebut selalu gagal pada saat proses pembaruan dan bakhan tidak bisa sama sekali, ikuti langkah berikut ini. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda mengetahui alamat email & kata sandi Play Store.
    • Masuk ke Pengaturan kemudian tap Manajer Aplikasi
    • Pada tab Didwonload, cari aplikasi Google Play Store
    • Tap tombol Hapus Data dan Hapus Memori
  2. Bersihkan Cache dan Data dari Aplikasi yang Akan Diperbaharui.
    Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui
    Tak jarang, ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Video Show. Tiba-tiba akan muncul overlay yang menghalangi layar dan mengharuskan kita untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Tetapi, ketika masuk ke play store tidak bisa update aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya ikuti langkah berikut dan saya mencontohkan terhadap aplikasi Video Show.
    • Masuk ke Pengaturan kemudian tap Manajer Aplikasi
    • Pada tab Didwonload, cari dan buka info aplikasi Video Show
    • Tap Hapus Data dan Hapus Memori
    • Selanjutnya masuk ke play store kemudian tab Perbarui.
  3. Gunakan Clean Master dan Reboot. Jika kedua diatas masih belum berhasil, bersihkan cache dan residual file didalam smartphone menggunakan aplikasi Clean Master. Selanjutnya reboot atau muat ulang Android Anda.

Kesimpulannya, cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa diperbarui bisa dilakukan dengan menghapus data dan cache. Tetapi pada saat Anda melakukannya, terutama pada aplikasi yang mengharuskan memiliki akun, maka Anda akan diminta untuk log in ulang  dan data didalam smartphone akan ikut terhapus.
Baca juga: