search-button

Sep 28, 2016

Cara Membuat Notifikasi Android Berbicara

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Setiap aplikasi yang dibuat dan terpasang pada smartphone, biasanya dibekali dengan fitur push notification dimana ia akan berperan untuk memberitahukan user tentang apa yang ia terima didalam akun atau aplikasi itu sendiri. Misalnya saja aplikasi BBM, jika ada obrolan baru yang masuk maka ia akan berbunyi, bergetar atau akan muncul pemberitahuan pada notification bar. Dan sepertinya hal tersebut sudah biasa, tetapi bagaimana cara mendapatkan pemberitahuan yang lebih unik dan keren dengan cara membuat notifikasi Android berbicara?

Text-to-speeech adalah bagian yang ada didalam pengaturan Android OS. Berbagai kata atau kalimat, bisa diucapkan dengan fitur tersebut. Tak hanya untuk English saja, tetapi saat ini fitur text-to-speech pun sudah mendukung kedalam Bahasa Indonesia. Salah satunya, ia dapat membaca sms yang kita terima tanpa harus membuka aplikasi sms. Lalu apa hubungannya dengan cara membuat notifikasi Android berbicara? Fitur tersebut ternyata dikembangkan oleh para developers untuk dapat membaca setiap pemberitahuan yang masuk.

Cara Membuat Agar Notifikasi Android Berbicara

Cara Agar Semua Notifikasi Android Bicara dan Bersuara

Voice Notification : Shouter adalah salah satu aplikasi notifikasi Android terbaik dimana ia memiliki kemampuan yang unik untuk membaca semua pemberitahuan yang masuk kedalam smartphone kamu. Layaknya ketika kamu membaca, ia akan mengeluarkan suara dan berbicara. Pada dasarnya, Shouter menggunakan fitur Text-to-speeech yang dapat kamu atur sesuai dengan bahasa yang kamu inginkan. Selain UI dari aplikasi ini sangat sederhana, ia pun berukuran cukup kecil dan dapat bekerja dengan cepat.

  1. Pasang aplikasi Shouter dari Google Play.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian centang Enable.
  3. Pada menu Manage Shout, tap Notification.
  4. Selanjutny tap Select Apps.
  5. Pilih aplikasi apa saja yang kamu inginkan agar jika ada pemberitahuan masuk, ia akan membacanya dan bersuara.
  6. Sebagai tips tambahan, aturlah fitur text-to-speech kedalam Bahasa Indonesia jika kamu sering berkomunikasi dengan orang Indonesia. Tujuaannya agar Shouter lancar ketika membacanya.

Kesimpulannya, notifikasi tak hanya membantu pengguna smartphone untuk mendapatkan pemberitahuan dari apa yang diterima oleh aplikasi yang kita gunakan. Ia pun dapat kita sesuaikan agar terkesan lebih unik dan canggih. Salah satunya adalah dengan cara membuat notifikasi Android berbicara menggunakan Shouter seperti yang saya jelaskan diatas.
Baca juga: