search-button

Sep 19, 2016

3 Cara Mengubah/Memindahkan Penyimpanan Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan memori internal adalah  dengan cara memindahkan penyimpanan ke kartu memori atau SD Card. Tidak semua pengguna memiliki kapasitas penyimpanan telepon yang besar. Setiap spesifikasi smartphone dari berbagai merk dan type memiliki spesifikasi yang berbeda termasuk yang Anda gunakan saat ini.

Smartphone Android yang dibekali dengan internal storage berkapasitas 16GB, mungkin sudah tidak perlu lagi mengubah penyimpanan ke kartu memori karena bisa menginstal berbagai aplikasi dan menyimpanan ribuan file. Namun bagaimana bagi pengguna yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan internal kurang dari 4GB tetapi memiliki kebutuhan yang sama? Langkah berikut ini akan membantu Anda untuk mengubah penyimpanan ke sd card.

Cara Mengatur Penyimpanan Ke Kartu Memori di Android

  1. Mengubah Penyimpanan Kamera ke SD Card.
    Cara Mengubah Penyimpanan Kamera Ke Kartu SD
    Pada dasarnya setiap kita hendak mengambil foto atau merekam video mengggunakan aplikasi kamera smartphone bawaan, kita diberi pilihan untuk menentukan lokasi penyimpanan antara internal atau ke kartu eksternal. Caranya, masukkan Micro SD kedalam slot kemudian buka aplikasi kamera. Tap Setting lalu ubah lokasi penyimpanan kamera smartphone ke Kartu memori.
  2. Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori Tanpa Root.
    Jika beberapa waktu lalu ketika pengguna ingin memindahkan game atau aplikasi yang telah terinstall ke Micro SD harus sudah di root terlebih dahulu, maka saat ini kita tidak perlu melakukannya. Dengan semakin ditingkatkannya kemampuan Android OS, maka ia pun memiliki pengaturan sendiri untuk memindahkannya. Terdapat dua cara memindahkan aplikasi ke kartu memori. Pertama yakni dengan menggunakan fitur bawaan dan kedua menggunakan aplikasi khusus. Baca tutorial lengkapnya di 2 Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SD Card.
  3. Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori.
    Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal
    Mengunduh berbagai media atau file dari internet sering kita lakukan melalui smartphone. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi browser seperti UC Browser. Didalam aplikasi peramban ini, Anda bisa langsung mendownload file apapun dan akan langsung tersimpan ke memori internal. Untuk mengubah lokasi penyimpanan hasil download tersebut ke micro SD, kita harus mengaturnya terlebih dahulu. Saya akan mencontohkannya dengan aplikasi UC Browser caranya buka aplikasi tersebut kemudian tap tombol Unduhan. Disana berkas yang telah diunduh akan ditampilkan. Tap Pengaturan disudut bawah » tap Lokasi default » tap Storage dan terakhir tap folder extSdCard.

Itulah cara mengubah penyimpanan ke sd card di Android. Dengan mengikuti tips ini, maka smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil akan sangat terbantu karena file dan aplikasi bisa dipindahkan ke Micro SD.
Baca juga:
5 Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android
2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android