search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Bunyi (UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
Notifikasi Tidak Bunyi – Salah satu masalah yang akan dihadapi oleh pengguna Smartphone Android adalah notifikasi tiba-tiba tidak bunyi atau hilang. Kita tahu bahwa fitur ini merupakan bagian yang sangat penting karena jika ada email, chat, telpon, sms, update dan berbagai service lainnya yang berjalan pada background akan diberitahukan melalui notifikasi. Setiap aplikasi yang terpasang di Android, memiliki pengaturan notifikasi dimana kita dapat memunculkannya maupun tidak. Tergantung apakah aplikasi tersebut cukup penting atau tidak untuk digunakan.

Penyebab notifikasi Android tidak bunyi dan hilang, akan nampak berbeda tergantung dari setiap versi Android OS yang terpasang. Untuk memastikan bahwa sebuah aplikasi Android memiliki fitur notifikasi, kita dapat membukanya lalu masuk kebagian Setting dari aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi seperti BBM, WhatsApp, Line, Instagram, Facebook dan yang lainnya bisa kita atur sendiri. Lalu kenapa tiba-tiba Android tidak ada pemberitahuan dari notifikasi bar?

Mengatasi Notifikasi Android Tidak Berbunyi

Solusi dan Cara Mengatasi Notifikasi Android Yang Tidak Berbunyi

Jika Android tidak memunculkan pemberitahuan seperti inbox gmail maupun chatting, pahami terlebih dahulu apakah hanya dari satu aplikasi saja atau semua notifikasi Android yang tidak bunyi.
  1. Notifikasi Tidak Bunyi Dari Satu Aplikasi Tertentu.
    Beberapa waktu lalu saya pernah membahas bagaimana cara mengatasi notifikasi BBM Android tidak muncul ketika ada chat yang masuk. Begitupun terhadap aplikasi lain seperti WhatsApps atau Instagram. Anda dapat membuka aplikasi yang dimaksud kemudian buka Setting » Notifications. Disini Anda dapat mengatur dengan menggeserkan atau mencentang agar pemberitahuan dapat kembali berbunyi dan muncul.
  2. Notifikasi Semua Aplikasi Android Tidak Berbunyi dan Hilang.
    Pastikan Anda telah memeriksa pengaturan notikasi bawaan. Periksa mulai dari jenis suara, volume suara, hingga mode diam dan bergetar. Kemudian coba reboot Android tersebut.
  3. Masih Tidak Berbunyi dan Telat.
    Download aplikasi Push Notifications Fixer dari Play store untuk memperbaiki notifikasi Android yang telat dan lambat. Atau aplikasi Zedge yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai jenis nada dering untuk notifikasi Android.

Pentingnya sebuah pemberitahuan akan membantu kita dalam menerima berbagai pesan atau layanan yang masuk tanpa harus memeriksanya secara manual. Dengan beberapa cara mengatasi notifikasi Android tidak bunyi tersebut, semoga akan mengembalikan smartphone Anda untuk kembali bekerja dengan baik.
Baca juga: