search-button

Sep 17, 2016

12 Alasan Penting Kenapa Android Harus di Root

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tahukah kamu alasan kenapa Android harus di root? Android adalah sebuah sistem operasi open source yang dimiliki oleh Google. Sebagai pengguna smartphone yang berbasisi Android OS, kita tidak memiliki akses penuh untuk dapat menjelajahi fungsi dan kemampuan hebat apa saja yang ada didalamnya. Dengan melakukan rooting terhadap hp Android, Anda dapat mengakses kedalam root directories. Setiap produsen ponsel pintar, akan melarang dan memberikan batasan kepada para penggunanya dengan mengunci direktori root agar mereka tidak merusak atau menghapus file tertentu tanpa disengaja. Hal yang sama pun dilakukan agar Anda tidak dapat menghapus aplikasi bawaan Android.


Kenapa Android Harus Di Root

Kelebihan dan Alasan Kenapa Android Harus Di Root

  1. Mendapatkan Akses Root.
    Kunci utama dari me-root Android adalah agar Anda memiliki akses root. Banyak fitur, pengaturan maupun aplikasi yang tidak akan pernah Anda gunakan nangkring didalam hp dan hanya akan membebankan dan memperberat pemuatan. Bukankah Anda ingin menyesuaikan Android berdasarkan keinginan? Atau menghapus aplikasi tersebut?
  2. Memasang Custom Roms.
    Ada banyak custom ROM yang menawarkan berbagai fitur unik yang tidak akan Anda dapatkan dari ROM bawaan. CyanogenMod dan Paranoid Android adalah sebagian dari custom ROM terpopuler dikalangan para penggila Android. Mereka menjadi yang terdepan dalam menawarkan berbagai inovasi dan pengalaman yang lebih baik ketika menggunakan Android OS.
  3. Memasang Custom Kernel.
    Kernel adalah sebuah software yang menjembatani antara sistem operasi dan hardware. Jika Anda ingin meningkatkan volume pemutar musik, Android tidak akan secara langsung menyuruh speaker. Tetapi ia akan meminta kepada kernel untuk menyampaikannya. Barulah kernel berbicara kepada speaker agar ia dapat berbunyi lebih kencang. Anda dapat mencari custom kernel yang dapat meningkatkan performa mupun daya tahan baterai.
  4. Membackup Apapun Yang Diinginkan.
    Tanpa harus di root pun Android telah dibekali dengan fitur back up. Terlebih ada ratusan aplikasi back up tersedia di play store yang memungkinkan kita untuk membackup file sesuai dengan kebutuhan. Namun, bagaimana jika Anda adalah seorang gamer? Bagaimana cara membackup data game secara langsung dari Android? Disinilah kenapa Android harus di root karena kita dapat menggunakan aplikasi Titanium Backup.
  5. Meningkatkan Daya Hidup Baterai.
    Baterai yang boros sebenarnya dapat diatur oleh kita sendiri meskipun tanpa root. Namun selalu saja akan ada aplikasi tak terpakai yang berjalan pada background tetapi mengambil banyak daya. Aplikasi Greenify secara otomatis akan mematikan aplikasi bandel tersebut.
  6. Menghapus aplikasi bawaan (Bloatware).
    Berbagai jenis aplikasi bawaan tidak akan pernah bisa Anda hapus jika Android belum di root. Anda hanya dapat menyembunyikan bloatware tersebut pada drawer, tetapi mereka akan tetap disana dan mengambil internal memori. Link2SD adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menghapus bloatware satu persatu.
  7. Install Aplikasi Kedalam Memori Eksternal.
    Hal yang paling disukai oleh mereka yang memiliki ponsel Android dengan keterbatasan memori internal adalah ketika menggunakan aplikasi Link2SD. Semua aplikasi dan game dapat di install dan dipindahkan ke MicroSD.
  8. Menghapus Stock Android Skin.
    Alasan kenapa Android harus di root adalah Anda dapat tampil beda dari yang lain. Rubah tampilan skin Android sesuai dengan keinginan dan pastikan bahwa Android anda akan tampil lebih cantik dan keren ketika ditunjukkan kepada teman.
  9. Memasang Aplikasi Yang Tidak Kompatibel.
    Pernahkah Anda menerima peringatan “Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda.”? Operator kadang-kadang akan membatasi aplikasi tertentu yang dianggap bersaing dengan aplikasi mereka sendiri. Padahal jika sudah diinstall dari file apk. Aplikasi yang dibatasi termasuk batas region akan tetap berjalan dengan baik.
  10. Menjalankan Aplikasi Khusus.
    Setelah Android di root, Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi khusus yang mengharuskannya masuk kedalam akses root. Xposed Installer dan Greenify adalah sebagain aplikasi yang pernah saya review dan rekomendasikan pada 12 aplikasi wajib setelah Android di root.
  11. Melacak Android Yang Dicuri Meskipun Telah Di Factory Reset.
    Jika Android kesayangan hilang atau dicuri akan menjadi hal yang paling menyakitkan didalam hidup Anda. Saya telah membuat panduan bagaimana cara mencari hp Android yang hilang meskipun kartu SIM telah diganti. Namun bagaimana jika perangkat tersebut telah di factory reset? Cerberus adalah sebuah aplikasi pelacak yang mampu masuk kedalam sistem terdalam di Android. Ia akan tetap hidup dan bertahan meskipun Android telah di factory reset. Syaratnya HP Android Anda harus di root.
  12. Membongkar Berbagai Fitur Tersembunyi.
    Ponsel Android telah dikemas dan dibekali ratusan fitur tersembunyi. Namun kebanyakan pengguna Android tidak mengetahui hal itu. Terlebih, mereka tidak pernah mencoba untuk mengakses berbagai fitur tersembunyi tersebut. Salah satunya adalah bermain game dengan menggunakan stick controller PlayStation.
Smartphone Android menjadi ponsel yang paling banyak digunakan. Android pun akan jauh lebih customizable ketika telah di root. Dan itulah alasan kenapa Android harus di root.
Baca juga :
5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android
Cara Mengirim Aplikasi Android Lewat Bluetooth