search-button

Sep 30, 2016

10 Tips dan Cara Melindungi Layar Sentuh HP Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara melindungi touchscreen Android agar awet. Setiap orang pastinya ingin memiliki barang yang memiliki kulitas bagus terutama smartphone. Salah satu hal penting setelah Anda membeli sebuah hp Android baru adalah menjaganya agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Tidak menutup kemungkinan jika Anda sering melakukan kebiasaaan buruk dan memberikan cara perawatan yang salah terhadap hp akan mempengaruhi kinerja, daya baterai, hingga terhadap layar sentuh yang susah untuk di tapping atau mengalami error.

Untuk melindungi dan menjaga layar sentuh HP Android agar tetap berfungsi dengan baik dan tetap terlihat bersih, simak beberapa tips berikut ini.

Cara Melindungi Touchscreen HP Android

Cara Menjaga dan Merawat Touchsceen HP Android Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

  1. Hanya Gunakan Jari Tangan dan Stylus.
    Jangan menggunakan alat lain untuk menyentuh dan mengoperasikan hp touchscreen. Gunakan jari tangan untuk melakukan tap, drag dan berbagai aktifitas lainnya. Jika kita perhatikan pada Samsung Galaxy Note 3 terdapat alat tambahan yakni Stylus. Sementara pada Sony Xperia Z Ultra, anda dapat menggunakan pencil.
  2. Gunakan Screen Protector.
    Sedia payung sebelum hujan, ada banyak jenis screen protector dengan harga yang cukup murah tetapi dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Salah satunya agar layar HP Android terhindar dari goresan.
  3. Jauhkan Dari Sinar Matahari.
    Agar layar tetap memiliki kualitas yang baik, jangan simpan HP Android ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  4. Jangan Menggunakan Android Sambil Mengisi Daya Baterai.
    Memang benar daya tahan baterai Android tidak akan bertahan lama dan cepat habis. Terlebih jika Anda sering menggunakannya secara aktif terutama dengan melakukan sinkron terhadap berbagai aplikasi. Paling nyaman, bermain game online atau chatting sambil mengisis daya tetapi hal ini justru akan menjadi boomerang. Layar sentuh Android akan menjadi error, sering terjadi ketidakakuratan saat menginput maupun tingkat sensitifitasnya berkurang.
  5. Hati-hati Ketika Menyimpan.
    Jangan disimpan dan digabungkan dengan barang lain karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan yang akhirnya meninggalkan goresan pada layar.
  6. Jauhkan Dari Magnet.
    Memang benar, saat ini belum ditemukan bahwa magnet dapat merusak HP Android terutama pada layar sentuh. Tetapi akan berbeda cerita jika Anda memiliki aplikasi compass karena dapat menggangu tingkat keakuratan magnetic sensor didalamnya.
  7. Aktifkan Batas Waktu Hidup Layar.
    Jangan mengatur layar untuk hidup terlalu lama, Anda dapat dengan mudah menentukan waktu yang juga akan berpengaruh pada daya baterai agar tidak cepat habis.
  8. Atur Kalibrasi Layar Android. Dalam hal ini Anda juga dapat menguji kalibrasi maupun mengatur tingkat sensitifitas touchscreen Android agar ketika menggunakannya tidak terlalu lambat atau cepat dalam merespon perintah yang dilakukan oleh jari.
  9. Bersihkan Touchscreen Dengan Lembut.
    Seperti barang elektronik lainnya, Anda harus membersihkan layar agar selalu terlihat bersih. Gunakan kain yang berjenis microfiber atau kain halus yang tidak akan meninggalkan goresan.
  10. Perlakukan Dengan Baik.
    Sadar dengan harga smartphone yang tidak murah, jangan perlakukan seperti hp jadul. Smartphone adalah perangkat canggih dan modern, Andapun harus smart dalam memperlakukannya.
Bukanlah hal yang sulit untuk menjaga touchscreen hp Android agar tetap awet. Anda hanya perlu menghentikan beberap kebiasaan buruk dan mengikuti cara melindungi layar sentuh Android diatas.
Baca juga:
Cara Mengatasi Touchscreen Android Error
3 Cara Mengatur Ulang Kalibrasi Layar Android