search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Memperbaiki Bluetooth Android Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Kenapa bluetooth Smartphone dan Tablet Android tidak bisa aktif? Mempunyai masalah dengan Bluetooth yang tiba-tiba menjadi error dan tidak dapat mencari atau melakukan pairing terhadap satu sama lain memang akan membuat kita kesal. Terlebih jika ternyata Android yang kita gunakan adalah barang baru. Tablet dan Smarphone Android tidak akan luput dari kendala, tidak terkecuali terhadap merk atau tipe apapun seperti pada Samsung, HTC, Lenovo, Oppo, Advan, Sony Experia, Andromax dan beberapa produsen lainnya.
Setiap Tablet dan Smartphone dapat berubah menjadi sangat unik ketika sedang menggunakan Bluetooth. Itulah kenapa beberapa hp cina akan membaca sebuah perangkat hanya dengan menampilkan bentuk angka secara acak yang menandakan ID dari perangkat yang terhubung atau terbaca. Bluetooth yang gagal menemukan layanan merupakan salah satu masalah yang terjadi di antara dua buah perangkat yang ingin dihubungkan. Untuk itu simak beberapa cara untuk memperbaiki Bluetooth pada Smarphone dan Tablet Android.

Cara Mengatasi Bluetooth Error Di Android

Beberapa masalah lain yang terjadi ketika kita ingin menggunakan Bluetooth bisa disebabkan setelah Tablet di root atau mengganti custom rom pada OS. Sehingga  gagal mengirim atau menerima file seperti file mp3, video, foto atau gambar. Masalah besar lain yang bisa muncul adalah kenapa bluetooth android tidak bisa diaktifkan?
  1. Clear cache.
    Cara mengatasi bluetooth error di Android
    Cara pertama ini kita akan membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis pada aplikasi Bluetooth bawaan dari pabrik. Cache biasanya digunakan oleh sistem untuk mempermudah atau mempercepat suatu aplikasi terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan cache yang menumpuk menjadi sumber permasalahannya. Cara membersihkan cache aplikasi adalah, tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear cache.
  2. Clear data. Hampir sama seperti diatas namun dengan menggunakan fitur ini kita akan membersihkan data yang tersimpan seperti daftar nama Bluetooth dari hp atau Tablet yang sebelumnya telah terbaca. tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear data.
  3. Gunakan aplikasi Bluetooth Fix Repair. Aplikasi gratis yang satu ini akan memperbaiki sistem Bluetooth yang error pada Smarphone. Jika Bluetooth Android error setelah di root maka aplikasi inilah jawabannya.
  4. Reboot. Matikan Android kemudian cabut baterai, sim card dan memory external (micro sd) lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali. Cara ini akan berhasil terhadap Android yang tidak bisa terbaca oleh Bluetooth.
  5. Factory Reset. Salah satu kelebihan dari melakukan factopry reset Android adalah karena ia akan secara otomatis mengembalikan dan memperbaiki sistem android yang telah rusak. Namun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara ini adalah kita harus back up data dan file Android seperti file hiburan atau dokumen agar nantinya tidak terhapu.
Baca juga :
Semoga dengan mengikuti cara tersebut dapat mengatasi dan memperbaiki Bluetooth Smartphone dan Tablet Android yang error atau tidak bisa aktif.