search-button

Apr 25, 2015

Cara Terbaru Menggunakan Dropbox di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Dropbox sudah menjadi salah satu cloud storage atau kolam penyimpanan data virtual pilihan terbaik yang dapat membantu anda menyimpan dan mengamankan data secara online. Layaan yang pada tahun lalu pernah saya bahas pada artikel tempat teraman dan terpercaya untuk menyimpan data ini selain karena cepatnya kinerja dalam mengupload dan mendownload dokumen atau file yang telah disimpan, juga penggunaanya sangat mudah. Tak heran banyak pengguna smartphone dan tablet android yang memanfaatkan dropbox sebagai tempat untuk mem-backup file baik berupa file office maupun dokumen hiburan seperti foto, video maupun untuk menyimpan musik mp3.

Saya sendiri telah menggunakan layan dropbox dari tahun 2009 jauh sebelum google drive dirilis oleh Google dan memang layan dari dropbox ini sangat membantu terutama dalam membackup file pribadi yang sangat penting. Dan sekarang saya akan coba memfokuskan bagaimana cara menggunakan dropbox di tablet maupun smartphone android secara maksimal dengan memanfaatkan fitu-fitur yang dimilikinya. Tetapi sebelum saya menjelaskan caranya, saya akan memberikan informasi cukup penting sebelum anda memutuskan untuk menggunakan layanan cloud storage ini.

Hal yang harus diketahui untuk menggunakan dropbox di Android :
  • Dropbox bisa menyimpan semua jenis file yang anda inginkan. Dropbox hanya berperan sebagai tempat penyimpanan, bukan tempat untuk membuka file. Memang file hiburan bisa langsung terbuka tetapi jika ekstensi dari file yang anda simpan tidak didukung ekstensi dari server dropbox maka tidak bisa terbuka, meskipun begitu file anda akan tetap aman dan bisa didownload.
  • Dropbox yang diinstall pada tablet maupun smartphone bisa mengedit dan menyimpan file secara offline. Dan nantinya setelah anda terhubung ke internet baik itu melalui koneksi wifi maupun paket data, maka file tersebut akan diupload secara otomatis.
  • Anda bisa mengaktifkan dan menggunakan fitur kamera upload yang artinya setiap anda mengambil foto maupun membuat video melalui kamera smartphone, maka akan secara otomatis tersimpan dan diupload ke folder Camera Uploads. Nantinya anda akan mempunyai 2 file, pertama tersimpan dilokal memori Android dan yang kedua di folder dropbox itu sendiri.
  • Setiap file yang telah anda upload, maka anda bisa langsung membuat link publik agar file tersebut bisa didownload baik oleh rekan kerja maupun anggota keluarga anda.
  • Dropbox memiliki batas bandwidth download. Sebagai contoh, jika anda seorang dosen dan menyuruh mahasiswa anda untuk mendownload file dari akun dropbox anda, maka pastikan jangan sampai ribuan mahasiswa anda mendownload file tersebut. Jika anda melebihi batas maksimal, tidak menutup kemungkinan akun anda akan dicurigai dan tidak bisa diakses. Berapakah batas bandwidth dropbox itu sendiri? adalah 10GB/hari untuk akun Basic (Free) dan 250GB/hari untuk akun Bisnis.
  • Untuk menjaga keamanan dari file dan data yang telah diupload ke akun anda, pastikan anda mengaktifkan fitur two-factor authentication agar akun anda tidak bisa dibuka diperangkat lain tanpa melalui kode SMS.

Menggunakan Dropbox di Android

Cara mendaftar akun dropbox di Android
Download aplikasi dropbox di google play lalu install kemudian buka aplikasi tersebut dan tap tombol I’m new to dropbox. Isilah data yang sesuai dengan identitas anda dan pastikan untuk mengkonfirmasi link didalam inbox email anda.
Cara upload file dari Smartphone Android :

menggunakan dan cara upload data virtual
Tap tombol home lalu pilih menu upload, kemudian tap Upload here dan pilih file atau dokumen apa yang ingin diupload dari memori SD card ke dropbox.

Cara download dan membuat link publik

download
Jika file yang telah diupload ingin disimpan ke local memori atau untuk dibagikan ke teman, buatlah link dengan memilih menu share.

Cara keluar dan log out dari dropbox di Android

log out
Jika anda memutuskan untuk berhenti menggunakan dropbox, jangan langsung melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Pastikan anda sign out terlebih dahulu agar akun anda tetap aman. Caranya masuk ke Setting lalu pilih dan tap Unlink device from dropbox.

Itulah sedikit tips dan informasi tentang bagaimana cara menggunakan dropbox baik untuk tablet maupun smartphone anda.